Pengaruh penerapan metode audiolingual terhadap kemampuan muhadatsah santriwati kelas III intensif di tmi putri pondok pesantren al-amien prenduan tahun 2021-2022 m

Authors

  • Kafila Kafila Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
  • Dewi Nurhayati Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.93

Keywords:

Efek, metode audiolingual, kemampuan percakapan

Abstract

Metode Audiolingual merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan muhadatsah, metode audiolingual dapat melatih daya ingat, pengucapan sehingga santriwati mempunyai pelafalan yang bagus, terampil membuat pola-pola kalimat yang sudah dilatihkan sehingga dapat melakukan komunikasi lisan dengan benar karena latihan menyimak dan berbicara. Dengan menggunakan metode audiolingual di pondok Al-Amien diharapkan mampu meningkatkan kemampuan muhadatsah dan mampu  mengubah suasana lingkungan menjadi menyenangkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektiv metode audiolingual terhadap kemampuan muhadatsah Santriwati Kelas III Intensif di TMI Putri Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Tahun Ajaran 2021-2022 M. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Expremental Designs dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. populasi dalam penelitian ini adalah shof III Intensif yang berjumlah 112 namun sample yang digunakan berjumlah 24 santriwati.Berdasarkan hasil penelitian eksperimen yang dilakukan pada shof III Intensif menunjukkan bahwa terdapat efektivitas dalam penggunaan metode audiolingual terhadap kemampuan muhadatsah. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis, didapatkan nilai ? t?_hitung > ? t?_tabel dimana nilai ? t?_hitung -6.543 > 1.710 ? t?_tabel. Kemudian dilihat dari tingkat signifikansinya adalah 0,000. Hal ini menunjukan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan H_(o )ditolak dan H_(a ) diterima. Dan diperolah skor rata-rata nilai tes awal (pretest) pada kemampuan muhadatsh santriwati III intensif adalah 77.08 dan setelah menggunakan metode audiolingual (treatment) diperolah skor rata-rata tes akhir (posttest) pada kemampuan muhadatsah santriwati kelas III Intensif adalah 86.25. jadi, dapat disimpulkan bahwa metode audiolingual terdapat efektivitas terhadap kemampuan muhadatsah

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Kafila, K., & Nurhayati, D. . (2022). Pengaruh penerapan metode audiolingual terhadap kemampuan muhadatsah santriwati kelas III intensif di tmi putri pondok pesantren al-amien prenduan tahun 2021-2022 m. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 665–663. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.93