Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Learning Management System (Lms) Pada Materi Persamaan Kuadrat
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.90Keywords:
Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Learning Management System (LMS), Persamaan Kuadrat, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis realistic mathematic educations (RME) berbantuan learning management system (LMS) yang valid, praktis dan efektif pada materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sipoholon yang berjumlah 33 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran realistic mathematics education (RME) berbantuan learning management system (LMS). Instrument yang digunakan adalah angket validasi materi, media, respon siswa dan guru serta tes hasil ketuntasan belajar siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kevalidan produk perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 3,37 dan 3,5 dengan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil penilaian guru adalah 85,71% dalam hal ini tergolong sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa adalah 84,41% dalam hal ini tergolong sangat praktis. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 84,84% sehingga secara klasikal memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan dan siswa merespon positif terhadap perangkat dengan pencapaian persentase sebesar 92,64% yang termasuk dalam kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis realistic mathematic educations (RME) berbantuan learning management system (LMS) pada materi persamaan kuadrat ini dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis, dan efektif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Handoyo Hutagalung, Denny Haris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.