Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Teknik Drag Flick Pada Permainan Hoki Ruangan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.88Keywords:
Metode Latihan, Koordinasi Mata-Tangan, , Drag Flick, HokiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan dan tingkat koordinasi terhadap peningkatan kemampuan teknik drag flick pada permainan hoki ruangan. Teknik drag flick merupakan keterampilan kompleks yang terkoordinasi dan membutuhkan pelatihan khusus dalam penguasaanya. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pemilihan sample menggunakan teknik sampling random assigment dengan jumlah sampel 12 orang. Penelitian ini dilakukan di Hoki Kota Bandung. Instrumen yang digunakan adalah kecepatan dan ketepatan drag flick hoki ruangan. Analisis data menggunakan uji two way ANOVA dan dibantu oleh sofware SPSS v.22. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat perbedaan pengaruh antara metode latihan drag flick training tool dan metode latihan part method terhadap peningkatan kecepatan dan ketepatan keterampilan drag flick. 2) Terdapat interaksi antara metode latihan drag flick training tool dan metode latihan part method dengan tingkat koordinasi terhadap kecepatan dan ketepatan keterampilan drag flick. 3) Terdapat perbedaan pengaruh antara metode latihan drag flick training tool dan metode latihan part method terhadap kecepatan dan ketepatan keterampilan drag flick pada kelompok koordinasi tinggi. 4) Terdapat perbedaan pengaruh antara metode latihan drag flick training tool dan metode latihan part method terhadap kecepatan keterampilan drag flick pada kelompok koordinasi rendah, dan tidak terdapat perbedaan pengaruh antara drag flick training tool dan metode latihan part method metode latihan terhadap ketepatan keterampilan drag flick pada kelompok koordinasi rendah. Kesimpulannya, metode latihan drag flick training tool dan metode latihan part method dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan drag flick pada permainan hoki ruangan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Candra Juli Prawesti, Nurlan Kusmaedi, Dian Budiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.