Analisis Kesalahan Siswa Melalui Pembelajaran Rme Terhadap Penalaran Matematis Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Di Smpn 1 Tigalingga

Authors

  • Desi S. Simanullang Universitas Negeri Medan
  • Marojahan Panjaitan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.87

Keywords:

kesalahan siswa, , penalaran, matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan jenis kesalahan siswa melalui pembelajaran RME terhadap penalaran matematis pada materi segitiga dan segiempat. (2) mengetahui Indikator Penalaran yang dominan terjadi kesalahan (3) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan terhadap penalaran matematis. (4) mengetahui alternatif solusi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan siswa. Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif  dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Tigalingga yang terdiri dari 30 orang siswa. Subjek wawancara terdiri dari 5 orang siswa yang mewakili tingkat kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah. Dalam penelitian ini digunakan instrument utama adalah peneliti itu sendiri dan untuk melihat jenis kesalahan siswa digunakan indikator kesalahan pada prosedur Newman.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besar persentase kesalahan  memahami masalah sebesar 53,3%, kesalahan transformasi sebesar 45%, kesalahan keterampilan proses sebesar 50%, kesalahan penulisan jawaban sebesar 50 %. Indikator kemampuan penalaran yang dominan terjadi kesalahan adalah indikator menyusun dan memberikan alasan dan bukti terhadap beberapa kebenaran solusi, secara umum alasan siswa melakukan kesalahan adalah kurang pahamnya siswa terhadap konsep, ketidak telitian siswa dalam membaca, memahami dan menjawab soal, serta siswa tidak terbiasa mengerjakan soal kemampuan penalaran matematik. Alternatif solusi yang ditawarkan untuk meminimalkan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran pada materi segitiga dan segiempat yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diharapkan dengan adanya LKPD ini siswa terbantu untuk memahami konsep dari segitiga dan segiempat dan mampu menyelesaikan soal kemampuan penalaran

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

S. Simanullang, D., & Panjaitan, M. . (2022). Analisis Kesalahan Siswa Melalui Pembelajaran Rme Terhadap Penalaran Matematis Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Di Smpn 1 Tigalingga. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 580–591. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.87