Distribusi Margin Pemasaran Ternak Babi di Kabupaten Manggarai

Authors

  • Fransiskus Ham Bur Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana
  • Matheos F. Lalus Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana
  • Maria R. Deno Ratu Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana
  • Solvi M. Makandolu Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i9.855

Keywords:

Kabupaten Manggarai, tampilan pasar, ternak babi.

References

Arnoldus, K. (2019). Strategy for increasing farmers’ income through dry land resources combination in Kupang District of Nusa Tenggara Timur. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 91(7), 349–357.

Asmarantaka, R. W. (2012). Pemasaran agribisnis (agrimarketing). Departemen Agribisnis, FEM-IPB.

Ballo, V. J., & Lalus, M. F. (2021). Analisis Pemasaran Ternak Babi Hidup Penggemukan di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur: Analysis Marketing Of Life Fattening Pig in Kupang Regency, East Nusa Tenggara. Jurnal Peternakan Lahan Kering, 3(3), 1728–1740.

Edisi, P. B., Sari, B. A., & Hotel, N. P. (2014). Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011 Balqis. Strategi Pemasaran Biro Perjalanan Haji dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta 2008. Jurnal Khatulistiwa Vol, 4(1).

Febrina, D., & Liana, M. (2008). Pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ruminansia pada peternak rakyat di kecamatan rengat barat kabupaten indragiri hulu. Jurnal Peternakan, 5(1).

Analysis of pigs’ market performance in the mainland of east Flores regency, Indonesia., (2023).

Lalus, M. F., & Ratu, M. R. D. (2024). Pemasaran Produk-Produk Pertanian. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Nalle, A. A., & Tiro, M. (2019). Analisis biaya transaksi dalam rantai pasok ternak sapi potong di Timor Barat, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Nukleus Peternakan, 6(1), 38–46.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Manggarai (2023)

Benu, F., Luruk, M.Y., Keban, A., dan Lole, U.R. 2021. Analisis Pemasaran Ternak Kambing di Kabupaten Sabu Raijua: Livestock Marketing Analysis in Sabu Raijua District. Jurnal Peternakan Lahan Kering, 3(3): 1665–1673.

Downey, W. D. dan S. P. Erickson. 1992. Manajemen Agribisnis. Erlangga, Jakarta.

Kotler, P, dan Keller, K.L, 2009. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Erlangga, Edisi 13(1).

Lalus, M. F., Fanani, Z., Nugroho, B. A., dan Utami, H. D. 2018. Analysis of beef cattle marketing in Kupang Regency, East Nusa Tenggara Province, Indonesia. Asian Academic Research Journal of Multidisciplinary (AARJMD). 5(5): 2319–2801.

Limbong W dan H, Sitorus. 1987. Pengantar Tataniaga Pertanian. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor

Mantra. 2004. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Nono, O., Lalus, M. F., Krova, M., dan Deno Ratu, M. 2020. Analisis distribusi margin di antara lembaga-lembaga pemasaran ternak sapi potong di Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Nukleus Peternakan, 6 (2), 63-70.

Soekartawi. 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada. Bogor.

Sudiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Bur, F. H. ., Lalus, M. F., Ratu, M. R. D. ., & Makandolu , S. M. . (2024). Distribusi Margin Pemasaran Ternak Babi di Kabupaten Manggarai. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(9), 4212–4225. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i9.855