Analisis Sistem Antrian dalam Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Puskesmas Gunung Pati Kota Semarang

Authors

  • Christina Ary Yuniarti Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Semarang
  • Anjani Khanifa Dini Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Semarang
  • Putri Charismatul Jannah Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.845

Keywords:

Efektivitas, Pelayanan, Sistem Antrian

Abstract

Antrian merupakan suatu kegiatan dimana terdapat sekelompok orang yang memiliki tujuan yaitu ingin mendapatkan suatu pelayanan dengan menunggu atau mengantri dan memiliki urutan tertentu sebelum mendapatkan suatu pelayanan. Pelayanan yang diberikan harus sesuai dengan undang-undang pelayanan publik, Masyarakat lebih banyak memilih fasilitas kesehatan pertama yaitu puskesmas, maka  penting nya memberikan pelayanan yang baik di puskesmas tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses sistem pelayanan jasa di Puskesmas Gunung Pati serta mengetahui standar dan kualitas pelayanan Puskesmas Gunung Pati agar dapat memahami bagaimana penggunaan teori antrian pada puskesmas Gunung Pati serta mengetahui dan mengerti tentang efektivitas penggunaan teori antrian pada kualitas pelayanan Puskesmas Gunung Pati. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara di Puskesmas Gunung Pati. Hasil dari penelitian ini adalah  system antrian di Puskesmas Gunung Pati Kota Semarang menggunakan analisis model antrian Multi Channel dan Single Phase dengan jumlah pelayanan tiga (3) loket pendaftaran yaitu meliputi biaya pelayanan (Cs), biaya waktu menunggu (Cs), biaya total pelayanan antrian (Tc).

References

Agus Sofyan. (2019). Analysis of the Queue System in Improving the Effectiveness of Registration Counter Services at the North Bogor Health Center. Thesis. Pakuan University of Bogor. https://jom.unpak.ac.id/index.php/ilmumanajemen/article/view/2121

Amelia, Lely. 2007. Study of Patient Queues in Outpatient Unit at PMI Bogor Hospital. Department Thesis, Faculty of Economics and Management, Bogor Agricultural University: Bogor.

Andani, (2022). Analysis of Outpatient Registration Queues During the Covid 19 Pandemic at Hospital X. Vol 12 No 1. https://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/1496

Dwitama, E. (2016). Analysis of the Queue System at the Patient Registration Counter at the Dr. Moewardi Regional General Hospital Surakarta. Thesis. Sebelas Maret University of Surakarta.https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/56350/Analisis-Sistem-Antrian-pada-Loket-Pendaftaran-Pasien-di-Rumah-Sakit-Umum-Daerah-DrMoewardi-Surakarta.

Gross, Donald and Harris, Carl. 2001. The Queueing Systems. New York: McGraw Hill, Inc.

Heizer, Jey and Render, Barry. 2005. Operational Management. (Seventh Edition). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Heri Tri Irawan, Iing Pamungkas, Muzakir (2018). Application of the Queue Model at the Pharmacy of the Ingin Jaya Health Center, Aceh Besar Regency. http://jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi/article/view/1476.

Muhammad Dicky Ronaldo. (2019). Analysis of the Queue System in Improving the Efficiency of Patient Registration Services at the Pasir Mulya Health Center. Thesis. Pakuan University of Bogor. https://eprints.unpak.ac.id/3232/.

Murodi, M.A. (2023). Web-based patient queue number information system. Vol. 10 No. 1. Pro Tek Info Journal. https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/ProTekInfo/article/download/6508/2543

Nengsih, M.K. (2017). Analysis of the Outpatient Administration Service Queue System. Management Insight. Vol 12 No 1 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/Insight/article/download/7752/3928

Permenkes, Republic of Indonesia. 2014. Regulation of the Minister of Health No. 75 of 2014 concerning Health Centers. Poerwanto Hendra. Concept of Queue Theory. https://sites.google.com/site/operasiproduksi/teori-antrian.

Rahayu, Sugito and Sudarno, 2013, Analysis of Inpatient Queues Based on Disease Specialization at Dr. Kariadi Semarang Hospital, Gaussian Journal Volume 2(4).

Robiati, P. (2015). Analysis of the Series Queue System in Health Service Facilities and Its Optimization (Case Study at the Ungaran Health Center, Semarang Regency). https://lib.unnes.ac.id/21606/1/4111411002-S.pdf.

Rusdi. 2014. Analysis of the Application of the Multiple Channel Query System (M/M/S) Model Queue System in the Patient Registration Section at Salewanganag Maros Hospital. Department Thesis, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, Makassar: Makassar.

Wati, 2017, Patient Service Queue System at Setiabudi Village Health Center, South Jakarta Using the Waiting Line Method, Nusa Mandiri Techno Journal Vol. 14(2).

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Yuniarti, C. A., Dini, A. K. ., & Jannah, P. C. . (2024). Analisis Sistem Antrian dalam Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Puskesmas Gunung Pati Kota Semarang . Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(8), 4112–4122. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.845