Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif pada Mahasiswa Poltesa
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.823Keywords:
Kesehatan mental, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Mahasiswa, Prestasi akademik.Abstract
Kesehatan mental merupakan faktor penting yang memengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kesehatan mental terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada mahasiswa Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) dengan metode kuantitatif dan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 33 mahasiswa berbagai program studi, dan dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kesehatan mental dan IPK, di mana mahasiswa dengan kesehatan mental baik cenderung memiliki IPK lebih tinggi dibandingkan yang mengalami masalah kesehatan mental. Faktor-faktor seperti stres, kecemasan, dan depresi ditemukan berpengaruh negatif terhadap prestasi akademik. Temuan ini menekankan pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental dalam pendidikan tinggi. Institusi pendidikan perlu menyediakan dukungan dan layanan kesehatan mental yang memadai untuk meningkatkan kesejahteraan dan prestasi akademik mahasiswa.
References
abdullah Aziz, Y., Fauziyah, N. F., Herawati, E., & Ichsan, B. (2024). Hubungan Fungsi Keluarga dan Kesehatan Mental dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 14(3), 1181–1188.
Amaliya, F. (2023). Hubungan Antara Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Dengan Hasil Uji Kompetensi Ners Indonesia (Ukni). Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Chandra, M., Khairunnisa, N., Nurika, H., & Yolandari, S. (2024). PENTINGNYA LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1), 240–248.
Darim, A. (2020). Manajemen perilaku organisasi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40.
Gumilar, R. A. G. (2023). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Pecinta Olahraga (IMPOR) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IAIN Metro UKM Impor Angkatan 2022. IAIN Metro.
Kurniawan, D., Mu’arifah, N. E. I., & Ma’shum, A. R. (2022). Analisis Eskalasi Panic Attack And Anxiety Disorder terhadap Kesehatan Mental Remaja. Busyro: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 3(2), 89–98.
Pranata, R. (2024). Tingkat Depresi Mahasiswa pada Usia Remaja. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(4), 1427–1440.
Putri, A. W., Wibhawa, B., & Gutama, A. S. (2015). Kesehatan mental masyarakat Indonesia (pengetahuan, dan keterbukaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 252–258.
Putri, C. P., Mayangsari, M. D., & Rusli, R. (2020). Pengaruh stres akademik terhadap academic help seeking pada mahasiswa psikologi unlam dengan indeks prestasi kumulatif rendah. Jurnal Kognisia, 1(2), 28–37.
Putri, U. N. H., Nur’aini, A. S., & Mawaadah, S. (2022). Modul Kesehatan Mental. CV. Azka Pustaka.
Rafifah, P. S., Maulana, A., & Gunawan, E. (2022). Pengaruh Workplace Well-Being dan Kesehatan Mental terhadap Kinerja Karyawan pada PT Mega Hotel Lestari. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(4), 448–456.
Rahmawaty, F., Silalahi, R. P., Berthiana, T., & Mansyah, B. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental pada Remaja: Factors Affecting Mental Health in Adolesents. Jurnal Surya Medika (JSM), 8(3), 276–281.
Ramadhina, C., Safitri, D., Annisa, F., & Fadilah, Q. (n.d.). PENGENDALIAN" TOXIC PRODUCTIVITY" DALAM MENJAGA KESEHATAN MENTAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 250–266.
Putri, C. P., Mayangsari, M. D., & Rusli, R. (2020). Pengaruh stres akademik terhadap academic help seeking pada mahasiswa psikologi unlam dengan indeks prestasi kumulatif rendah. Jurnal Kognisia, 1(2), 28-37.
Ulfah, U. (2023, July). Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. In Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum (pp. 23-28).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Surianti Hadori, Aisah Aisah, Yusup Miko, Fathushahib Fathushahib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.