Korelasi Prinsip Gestalt : Principle of Similarity Dalam Membangun Building Rapport (Studi Kasus Tingkah Laku)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.779Keywords:
Prinsip Kesamaan; Etika; Building Rapport; Komunikasi; Teori Gestalt.Abstract
Studi ini mengeksplorasi korelasi antara Prinsip Kesamaan (Similarity) dalam teori Gestalt dengan kemampuan membangun building rapport, khususnya dalam konteks tingkah laku manusia. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan pengamatan dan analisis terhadap interaksi antara individu yang berinteraksi dalam situasi yang menuntut pemahaman dan keterlibatan emosional yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara kemampuan memahami dan menekankan kesamaan, etika, presepsi, keterampilan berkomunikasi antara diri sendiri dengan orang lain dengan kemampuan membangun building rapport yang efektif. Temuan ini menyoroti pentingnya memahami dan menerapkan prinsip-prinsip Gestalt dalam komunikasi interpersonal untuk mencapai hubungan yang lebih dekat dan bermakna. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya kesamaan dalam membangun hubungan yang kuat dan erat dalam berbagai konteks sosial dan profesional.
References
Ani, A. (2020). IMPLEMENTASI METODE BUILDING RAPPORT DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MAN TANA TORAJA. Institut agama islam Negeri (IAIAN Palopo).
Aulya, R., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan Teori Gestalt Dalam Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Untuk SD/MI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 1–9.
Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial (terjemahan Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga.
Fauziah, N. (2014). Empati, persahabatan, dan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 78–92.
Gustini, N. (2017). Empati kultural pada mahasiswa. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1(1), 17–34.
Hanafi, R. (2021). Etika Berbicara Dalam Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab. IAIN Ponorogo.
Haskins, B., & Haskins, M. (2023). Machine learning as a feedback tool for the gestalt principle of proximity. International Conference on Artificial Intelligence and Its Applications, 101–106.
Haynes, L., & Backwell, B. (2011). First-class teaching: building rapport between teachers and students. JALT 2010 Conference Proceedings. Tokyo, Japan: JALT.
Marwah, N. (2021). Etika Komunikasi Islam. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 7(1).
Masturah, A. N. (2017). Gambaran konsep diri mahasiswa ditinjau dari perspektif budaya. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).
Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37.
Munib, A. (2018). HUKUM ISLAM DANMUAMALAH (Asas-asas hukum Islam dalam bidang muamalah). Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 5(1), 72–80.
Nasution, M. S. A. (2015). Ilmu Sosial Budaya Dasar Jakarta: Rajawali Pers.
Pinna, B., Porcheddu, D., & Skilters, J. (2022). Similarity and dissimilarity in perceptual organization: On the complexity of the gestalt principle of similarity. Vision, 6(3), 39.
Sari, A. W. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Septiani, D., Azzahra, P. N., Wulandari, S. N., & Manuardi, A. R. (2019). Self Disclosure Dalam Komunikasi Interpersonal: Kesetiaan, Cinta, Dan Kasih Sayang. FOKUS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(6), 265–271.
Tanudjaja, B. B. (2005). Aplikasi prinsip gestalt pada media desain komunikasi visual. Nirmana, 7(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naufal Luqman Habib, Alan Yudhistira, Muhamad Akmal, Syahrul Fadhillah Baidhowy, Fisman Bedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.