Strategi Peningkatan Daya Saing Ekspor untuk Menjadikan Indonesia Sebagai Negara Eksportir Utama Dunia
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.775Keywords:
Daya Saing, Ekspor, UMKMAbstract
Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang atau jasa dari suatu negara ke negara lain untuk tujuan perdagangan di pasar mancanegara, yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara karena dapat memberikan pendapatan yang besar. Indonesia telah melakukan kegiatan ekspor dengan banyak jenis barang dan jasa, namun masih terbilang kecil dan kebanyakan industri yang melakukan kegiatan ekspor hanya industri-industri berskala besar. Pemerintah harus lebih memperhatikan industri-industri kecil seperti UMKM yang ingin melakukan kegiatan ekspor, karena masih terdapat beberapa masalah yang harus dihadapi oleh UMKM, seperti masalah legalitas, pembiayaan, produksi, dan pemasaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan beberapa strategi daya saing sebagai upaya peningkatan ekspor untuk UMKM, dengan pemberdayaan yang meliputi pendampingan, monitoring, dan evaluasi, sehingga pelaku UMKM dan eksportir dapat berkontribusi pada ekspor Indonesia yang semakin maju.
References
Handini, M. M., & Sukesi, S. (2019). Manajemen UMKM dan Koperasi Optimalisasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai. Jakad Publishing.
Hodijah, S., & Angelina, G. P. (2021). Analisis pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 53–62.
Ikhwanti, F., & Aulia, G. F. (2024). Analisa Perdagangan Bebas Indonesia Dengan Singapura Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan Singapura Serta Potensi Dan Ancamannya Bagi Indonesia Studi Kasus Sektor Peternakan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(4), 1053–1059.
Maemunah, S. (2024). Pengaruh Produk Domestik Bruto, Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Perdagangan Internasional Indonesia. S-2 Ekonomi Syariah.
Mulya, H. F., Saputro, G. E., & Suwito, S. (2024). KEBIJAKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(4), 1376–1386.
Rafi, A., Darmawan, R. P., & Wikansari, R. (2023). Peran pemerintah meningkatkan perdagangan internasional khususnya ekspor. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(3), 1–10.
Raharjo, J. R., Setyaningrum, I., & Djoemadi, F. R. (2021). Pertumbuhan Kegiatan Industri Pengolahan Skala Mikro Dan Kecil Di Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, Dan Terapan Teori, 25(2), 66–71.
Risky, A., & Hendra, H. (2023). Evaluasi Bisnis Internasional Di Indonesia. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2457–2463.
Sadiah, F. U., & Ginting, A. L. (2024). Pengaruh Perdagangan Internasional Ekspor Migas dan Non Migas terhadap Perdagangan di Indonesia. Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 77–91.
SAHRONI, S. (2024). DETERMINAN EKSPOR BATU BARA INDONESIA KE CHINA. UNIVERSITAS JAMBI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Saddam Husein, Puput Rosita Febrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.