Strategi Peningkatan Daya Saing Ekspor untuk Menjadikan Indonesia Sebagai Negara Eksportir Utama Dunia

Authors

  • Muhammad Saddam Husein Mentor Yayasan Sekolah Ekspor
  • Puput Rosita Febrianti Mahasiswa Sekolah Ekspor

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.775

Keywords:

Daya Saing, Ekspor, UMKM

Abstract

Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang atau jasa dari suatu negara ke negara lain untuk tujuan perdagangan di pasar mancanegara, yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara karena dapat memberikan pendapatan yang besar. Indonesia telah melakukan kegiatan ekspor dengan banyak jenis barang dan jasa, namun masih terbilang kecil dan kebanyakan industri yang melakukan kegiatan ekspor hanya industri-industri berskala besar. Pemerintah harus lebih memperhatikan industri-industri kecil seperti UMKM yang ingin melakukan kegiatan ekspor, karena masih terdapat beberapa masalah yang harus dihadapi oleh UMKM, seperti masalah legalitas, pembiayaan, produksi, dan pemasaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan beberapa strategi daya saing sebagai upaya peningkatan ekspor untuk UMKM, dengan pemberdayaan yang meliputi pendampingan, monitoring, dan evaluasi, sehingga pelaku UMKM dan eksportir dapat berkontribusi pada ekspor Indonesia yang semakin maju.

References

Handini, M. M., & Sukesi, S. (2019). Manajemen UMKM dan Koperasi Optimalisasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai. Jakad Publishing.

Hodijah, S., & Angelina, G. P. (2021). Analisis pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 53–62.

Ikhwanti, F., & Aulia, G. F. (2024). Analisa Perdagangan Bebas Indonesia Dengan Singapura Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan Singapura Serta Potensi Dan Ancamannya Bagi Indonesia Studi Kasus Sektor Peternakan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(4), 1053–1059.

Maemunah, S. (2024). Pengaruh Produk Domestik Bruto, Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Perdagangan Internasional Indonesia. S-2 Ekonomi Syariah.

Mulya, H. F., Saputro, G. E., & Suwito, S. (2024). KEBIJAKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(4), 1376–1386.

Rafi, A., Darmawan, R. P., & Wikansari, R. (2023). Peran pemerintah meningkatkan perdagangan internasional khususnya ekspor. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(3), 1–10.

Raharjo, J. R., Setyaningrum, I., & Djoemadi, F. R. (2021). Pertumbuhan Kegiatan Industri Pengolahan Skala Mikro Dan Kecil Di Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, Dan Terapan Teori, 25(2), 66–71.

Risky, A., & Hendra, H. (2023). Evaluasi Bisnis Internasional Di Indonesia. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2457–2463.

Sadiah, F. U., & Ginting, A. L. (2024). Pengaruh Perdagangan Internasional Ekspor Migas dan Non Migas terhadap Perdagangan di Indonesia. Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 77–91.

SAHRONI, S. (2024). DETERMINAN EKSPOR BATU BARA INDONESIA KE CHINA. UNIVERSITAS JAMBI.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Husein, M. S., & Febrianti, P. R. . (2024). Strategi Peningkatan Daya Saing Ekspor untuk Menjadikan Indonesia Sebagai Negara Eksportir Utama Dunia. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(6), 2065–2071. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.775