Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.77Keywords:
LKPD, Pembelajaran Matematika, Problem based learning.Abstract
Tujuan dalam penelitian berikut yakni mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di SMPN 2 Pancur Batu. Jenis penelitian berikut yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditandai dengan adanya tindakan yang bertujuan agar meningkatkan proses belajar mengajar pada kelas. Adapun subjek pada penelitian berikut yakni siswa kelas VIII-5 yang berjumlah sebanyak 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian,Sebanyak 31 dari 34 siswa memenuhi ketuntasan kemampuan komunikasi matematis pada siklus II (91.19%), meningkat pesat dibandingkan dengan pada siklus I yang hanya sebanyak 9 dari 34 siswa (26.47%).Penambahan tingkat nilai rata-rata tes melalui siklus I menuju siklus II senilai 90.24%, yakni dari 40.196 ke 76.47.Terdapat lebih dari 80% siswa yang mencapai ketuntasan minimal pada kategori cukup pada siklus II, yaitu sebesar 91.19%.Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan LKPD yang dikembangkan termasuk kategori baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sahril Zakeus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.