Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Sahril Zakeus Universitas Negeri medan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.77

Keywords:

LKPD, Pembelajaran Matematika, Problem based learning.

Abstract

Tujuan dalam penelitian berikut yakni mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di SMPN 2 Pancur Batu. Jenis penelitian berikut yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditandai dengan adanya tindakan yang bertujuan agar meningkatkan proses belajar mengajar pada kelas. Adapun subjek pada penelitian berikut yakni siswa kelas VIII-5 yang berjumlah sebanyak 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian,Sebanyak 31 dari 34 siswa memenuhi ketuntasan kemampuan komunikasi matematis pada siklus II (91.19%), meningkat pesat dibandingkan dengan pada siklus I yang hanya sebanyak 9 dari 34 siswa (26.47%).Penambahan tingkat nilai rata-rata tes melalui siklus I menuju siklus II senilai 90.24%, yakni dari 40.196 ke 76.47.Terdapat lebih dari 80% siswa yang mencapai ketuntasan minimal pada kategori cukup pada siklus II, yaitu sebesar 91.19%.Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan LKPD yang dikembangkan termasuk kategori baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Zakeus, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 482–503. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.77