Menulis Kisah Pribadi Menjadi Media Curhat dalam Menulis Puisi di SMA Negeri 1 Sukosari

Authors

  • Yudi Kurniawan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Malang, Indonesia

Keywords:

Media Curhat, Kisah Pribadi, Puisi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran menulis puisi pada siswa SMA Negeri 1 Sukosari. Sumber data pada kegiatan ini diperoleh dari respon siswa dalam menulis kisah pribadinya yang dituangkan dalam keterampilan menulis puisi yang dapat dijadikan sebagai media curhat yang bersifat positif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, obsrvasi, dokumentasi, dan perekaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anallisis data Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar semua siswa mampu menuangkan kisah pribadinya melalui puisi yang ditulisnya.

References

Agustina, H. N. (2021). Memahami Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Novel Kekhasan Konflik Novel The Kite Runner.

Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2024). AKTUALISASI BAHASA SASTRA ALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Prosiding Seminar Nasional Dan Internasional HISKI, 1, 14–35.

Aryani, F. (2016). Stres Belajar" Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling". Edukasi Mitra Grafika.

Hapidah, H. (2020). Deskripsi Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1), 106–114.

Istiningsih, G., Alawiyah, E. M., & Priharlina, E. (2018). Pengembangan model pembelajaran “promister” untuk meningkatkan hasil belajar wayang pandhawa pada siswa sekolah dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2), 94–103.

Kinari, D. S. (2023). Burnout: Kirain Lelah Biasa, Ternyata Lelah Fisik, Mental, dan Emosional. Anak Hebat Indonesia.

Metcalf, L., Eddy, H. P., & Tchobanoglous, G. (1991). Wastewater engineering: treatment, disposal, and reuse (Vol. 4). McGraw-Hill New York.

Munawir, M. (2021). Intelektual Muslim bidang pendidikan dari jaman ke jaman. Kanzum Books.

Nadjib, E. A. (2016). Hidup itu Harus Pintar Ngegas Ngerem. Noura Books.

Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94.

Riana, R. (2020). Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia Di Sekolah. Warta Dharmawangsa, 14(3), 418–427.

Santosa, P. (2017). KONDISI KRITIK SASTRA INDONESIA SEABAD HB JASSIN (Indonesia Literary Criticism in A Century of HB Jassin). Kandai, 13(1), 91–108.

Wahyuni, S., Ambarwati, A., Junaidi, N. F. N., Ghony, J., & Osman, Z. (2022). Model Authentic Assessment dalam Pembelajaran Sastra Terintegrasi Karakter Multikultural. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 11(1), 134–150.

Wijayanti, A. Y. (2022). Terampil Membaca dan Menulis Puisi. Guepedia.

Yulianto, W. A. (2019). Rahasia Sukses Menulis Artikel Ilmiah Populer Di Media cetak. Deepublish.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Kurniawan, Y. (2024). Menulis Kisah Pribadi Menjadi Media Curhat dalam Menulis Puisi di SMA Negeri 1 Sukosari. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(6), 959–964. Retrieved from https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/731