Sistem Dokumentasi Modul Perkuliahan Universitas Saintek Muhammadiyah Berbasis Web

Authors

  • Abdullah Ibrahim Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Saintek Muhammadiyah 2023

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.717

Keywords:

Silabus, End-user Development, online, Universitas Saintek Muhammadiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Dokumentasi Modul Perkuliahan di Universitas Saintek Muhammadiyah. Sistem ini dirancang untuk memudahkan perencanaan, pengumpulan, pemilihan, pengelolaan, penyimpanan, dan akses informasi Modul Perkuliahan yang efisien dan terstruktur. Metode pengembangan sistem menggunakan Metode End-user Development dan melibatkan tahap inisasi, ketularan, kendali, dan matang. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sistem ini memungkinkan dosen untuk mengisi, memperbarui, dan mengakses silabus secara online, dan memungkinkan staf administrasi untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap Modul Perkuliahan. Dengan adanya sistem ini, diharapkan pengelolaan Modul Perkuliahan di Universitas Saintek Muhammadiyah menjadi lebih efisien, transparan, dan terstruktur.

References

Arifin, Z., & Rosdakarya, P. T. R. (2008). METODE PBNELITIAN.

Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning dan problem based learning pada materi termokimia terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 134–142.

Fegiarti, D. (2023). Bahan Ajar Modul Pada Mata Kuliah Kultur Jaringan di Universitas Islam Riau. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 107–116.

Guslan, G., & Rodianto, R. (2019). Sistem Informasi Inventory Data Barang Pada Ud. Mutiara Meubel Berbasis Web. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains, 1(1), 19–28.

Kosasi, S., & Kuway, S. M. (2012). Studi Analisis Persyaratan Kebutuhan Sistem Dalam Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Berkualitas. Sisfotenika, 2(1), 1–10.

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 181–204.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan perancangan sistem. Abdi Sistematika.

Rahman, A., & Rizkillah, M. (2024). ANALISIS KEEFEKTIFAN CHATGPT DALAM PERANCANGAN APLIKASI. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains (Jinteks), 6(2), 115–121.

Rahmawati, N. A., & Bachtiar, A. C. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(1), 76–86.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Ibrahim, A. (2024). Sistem Dokumentasi Modul Perkuliahan Universitas Saintek Muhammadiyah Berbasis Web. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(5). https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.717