Dampak Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Sosial Remaja di SMP Negeri 74 Jakarta
Keywords:
Media sosial, Instagram, Perilaku SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media sosial Instagram terhadap perilaku sosial remaja di SMP Negeri 74 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini akan di laksanakan di SMP Negeri 74 Jakarta, Kecamatan Pulogadung, Kota Jakarta Timur, dengan mengambil subjek 7 peserta didik yang memiliki retan usia 12-15 tahun (remaja fase awal) yang aktif menggunakan media sosial Instagram dengan durasi minimal 3 jam dalam sehari. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang akan meiputi tahap observasi, wawancara, dokumentsi, dan pencatatan. Analisis data penelitian ini meliputi Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dampak yang signifikan dari penggunaan media sosial Instagram terhadap perilaku sosial pada remaja. Hal ini dapat dilihat diantaranya dengan melalui tiga aspek utama, yaitu; aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek behavioral.
References
Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi perkembangan: Pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 135–136.
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis peran media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928.
Azizah, K. N., & Amrullah, R. (2024). Penggunaan Media Sosial Dan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Potensi Ekspor Produk. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 178–188.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157.
Daulay. (2023). Penggunaan Media Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Bimbingan dan Konsuling: Vol.8, No. 2
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media promosi industri kuliner di yogyakarta pada masa pandemi covid-19 (studi kasus akun tiktok javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.
Ferlitasari, R. (2018). Pengaruh media sosial instagram terhadap perilaku keagamaan remaja (Studi pada rohis di SMA perintis 1 bandar lampung). UIN Raden Intan Lampung.
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan media sosial (instagram) sebagai media penyajian kreasi seni dalam pembelajaran. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni),
Khasanah, U., Anugrah, R., Rachmawati, S., & Cahyasiam, R. (2024). Analisis Respon Mahasiswa Universitas Djuanda Terhadap Postingan Akun Instagram@ Pedulybogor. Karimah Tauhid, 3(1), 480–489.
Risnawati, W. S., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3029–3036.
Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 10–14.
Shafar, M. (2023). Perubahan Perilaku Sosial Di Era Digital Pada Siswa Yang Menggunakan Gawai Di Smp Negeri 50 Jakarta. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Slamet, S., & Yuttama, F. R. (2023). Analisis Tren Media Sosial Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2023. Sharef: Journal of Sharia Economics and Finance, 1(2), 84–93.
Wardani, A. S. (2021). Pengguna internet dunia tembus 4, 66 Miliar, rata-rata online di smartphone. Retrieved October, 3, 2021.
Winarti, Y., & Andriani, M. (2020). Hubungan paparan media sosial (instagram) dengan perilaku seks bebas pada remaja di SMA Negeri 5 Samarinda. Jurnal Dunia Kesmas, 8(4), 219–225.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salma Khoerunisa, Abdul Haris Fatgehipon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.