Efisiensi Pengemudi Transportasi Online Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Driver Maxim Kota Kupang)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i4.687Keywords:
Transportasi online, Maxim, Kota Kupang, efisiensi, Meningkatkan KesejahteraanAbstract
Transportasi memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi melalui distribusi barang dan jasa. Teknologi transportasi berkembang dengan inovasi seperti transportasi online, termasuk ojek berbasis aplikasi. Di Indonesia, perusahaan seperti Maxim, bersama dengan Go-Jek dan Grab, menawarkan layanan transportasi online yang diadaptasi dari teknologi internet. Maxim, perusahaan asal Rusia, masuk ke Indonesia pada 2018 dan berkembang pesat di Kota Kupang. Ini membuka peluang pekerjaan baru dan mengurangi pengangguran. Namun, para pengemudi Maxim di Kota Kupang mengalami berbagai masalah, termasuk tuntutan terhadap perusahaan terkait kebijakan yang merugikan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dampak transportasi online, khususnya Maxim, terhadap kesejahteraan masyarakat Kota Kupang, dengan fokus pada pengemudi. Melalui pendekatan studi kasus dan penelitian kualitatif, penelitian ini menggambarkan bagaimana transportasi online mempengaruhi kesejahteraan masyarakat dan para pengemudi di Kota Kupang. Salah satu temuan penting adalah bahwa kehadiran transportasi online meningkatkan efisiensi dan pendapatan pengemudi, meskipun masih ada tantangan terkait regulasi dan kebijakan perusahaan. Dengan demikian, penelitian ini menyelidiki peran transportasi online, khususnya Maxim, dalam konteks ekonomi dan sosial Kota Kupang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Magdalena Hoar, Maxianus Nitsae
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.