Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Video Pembelajaran Di Smp 6 Kisaran
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.68Keywords:
Kemampuan Komunikasi, Matematis Siswa, Kooperatif NHTAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model NHT berbantuan video pembelajaran mencapai target KKM 60 minimal 85%, (2) untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP 6 Kisaran dengan menerapkan model NHT berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada dengan menerapkan model NHT. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Neger 6 Kisaran dengan sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model NHT berbantuan video pembelajaran mencapai target KKM 60 minimal 85%. Terbukti bahwa 13 siswa dari 15 siswa pada kelas eksperimen mencapai target nilai 60 (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dengan melihat rata-rata kelas eskperimen sebesar 76,29 lebih besar rata-rata kelas kontrol sebesar 70,1187.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Evlin Minarista Limbong, Sri Lestari Mnurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.