Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Video Pembelajaran Di Smp 6 Kisaran

Authors

  • Evlin Minarista Limbong Universitas Negeri Medan
  • Sri Lestari Mnurung Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.68

Keywords:

Kemampuan Komunikasi, Matematis Siswa, Kooperatif NHT

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model NHT berbantuan video pembelajaran mencapai target KKM 60 minimal 85%, (2) untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP 6 Kisaran dengan menerapkan model NHT berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada dengan menerapkan model NHT. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Neger 6 Kisaran dengan sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model NHT berbantuan video pembelajaran mencapai target KKM 60 minimal 85%. Terbukti bahwa 13 siswa dari 15 siswa pada kelas eksperimen mencapai target nilai 60 (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dengan melihat rata-rata kelas eskperimen sebesar 76,29 lebih besar rata-rata kelas kontrol sebesar 70,1187.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Minarista Limbong, E., & Mnurung, S. L. . (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Video Pembelajaran Di Smp 6 Kisaran. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(3), 451–459. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.68