Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Spltv) Pada Siswa Kelas X Sma Pgri Wamena
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i4.671Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) pada kelas X SMA PGRI Wamena. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasiil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa kelas X SMA PGRI Wamena dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) yakni kesalahan pemahaman konsep dengan jumlah 8 (delapan) kesalahan yang dikategorikan “tinggi”, sedangkan untuk kesalahan prosedural dan kesalahan memahami soal cerita ditemukan dengan jumlah yang sama sebanyak 7 (tujuh) kesalahan dan berada pada kateori “rendah”. Kesalahan pemahaman konsep pada siswa dalam menerjemahkan soal berbentuk cerita kedalam bentuk persamaan linear, sering terkecoh dalam memahami simbol matematika, sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan perhitungan dan berakhir pada jawaban hasil akhir yang tidak tepat dan kurang lengkap. Hal ini disebabkan karena kebiasaan belajar matematika siswa dimana lebih kepada menghafal serta berorientasi pada nilai sehingga kurang memahami konsep, prosedur, dan dalam memahami soal cerita pada materi SPLTV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sutarman borean
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.