Hubungan Psikografis Dengan Minat Baca Siswa: Studi Kasus Perpustakaan Smpn 3 Batang Anai
Keywords:
Psikografis, Minat Baca, Perpustakaan SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara psikografis siswa dengan minat baca siswa di perpustakaan SMPN 3 Batang Anai. Psikografis siswa diukur melalui indikator aktivitas, minat, dan opini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 3 Batang Anai. Sampel diambil sebanyak 88 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara psikografis siswa dengan minat baca siswa dengan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 yang berarti nilai sig < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dengan kekuatan hubungan sebesar 0,821. Dimana semakin positif psikografis siswa, maka semakin tinggi pula minat baca siswa. Aktivitas mahasiswa berkorelasi paling kuat diikuti oleh minat dan opini. Penelitian ini berimplikasi pada perlunya memahami psikografis mahasiswa sehingga pengelola perpustakaan dapat merancang fasilitas, layanan, dan bahan bacaan yang lebih baik untuk meningkatkan minat baca siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khairani R
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.