Hubungan Psikografis Dengan Minat Baca Siswa: Studi Kasus Perpustakaan Smpn 3 Batang Anai

Authors

  • Khairani R Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Keywords:

Psikografis, Minat Baca, Perpustakaan Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara psikografis siswa dengan minat baca siswa di perpustakaan SMPN 3 Batang Anai. Psikografis siswa diukur melalui indikator aktivitas, minat, dan opini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 3 Batang Anai. Sampel diambil sebanyak 88 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara psikografis siswa dengan minat baca siswa dengan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 yang berarti nilai sig < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dengan kekuatan hubungan sebesar 0,821. Dimana semakin positif psikografis siswa, maka semakin tinggi pula minat baca siswa. Aktivitas mahasiswa berkorelasi paling kuat diikuti oleh minat dan opini. Penelitian ini berimplikasi pada perlunya memahami psikografis mahasiswa sehingga pengelola perpustakaan dapat merancang fasilitas, layanan, dan bahan bacaan yang lebih baik untuk meningkatkan minat baca siswa.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

R, K. (2024). Hubungan Psikografis Dengan Minat Baca Siswa: Studi Kasus Perpustakaan Smpn 3 Batang Anai. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(2), 370–378. Retrieved from https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/622