Penerapan Layanan Biblioterapi Menggunakan Model Biblioterapi Kognitif Di Perpustakaan Sunaryaman Musthofa Sma Negeri 1 Bukittinggi
Keywords:
Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah, Layanan BiblioterapiAbstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan layanan biblioterapi kognitif di perpustakaan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan layanan biblioterapi kognitif di Perpustakaan Sunaryaman Musthofa SMA Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa layanan biblioterapi kognitif yang dilaksanakan di Perpustakaan Sunaryaman Musthofa SMA Negeri 1 Bukittinggi sesuai dengan teori Shechtman didukung oleh tiga faktor penting yang harus dilaksanakan mulai dari pemilihan literatur, pemberian motivasi, dan konselor yang berkualitas. Ketiga faktor tersebut sudah berjalan dengan baik dalam penerapan layanan biblioterapi kognitif di Perpustakaan Sunaryaman Musthofa SMA Negeri 1 Bukittinggi, namun ada beberapa hal yang perlu dievaluasi untuk keberlangsungan layanan tersebut seperti pengembangan koleksi digital dan pelatihan khusus untuk konselor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aristyo Dwika Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.