Hubungan Ketepatan Komunikasi Terapeutik Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rs Harapan Mulia Tahun 2024
Keywords:
Ketepatan komunikasi Terapeutik, Hubungan, Tingkat kepuasan Pasien.Abstract
Latar Belakang : Rumah Sakit sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan, dikenal karena kompleksitasnya yang ada, baik segi pelayanan, keuangan, kinerja serta pemasarannya. Rumah Sakit dituntut untuk memberikan pelayanan jasa terbaik kepada pasien selaku pengguna jasa Rumah Sakit. Pelayanan jasa Rumah Sakit selalu terkait dengan profesionalisme, teknologi dan hubungan pasien dengan pelaksana pelayanan medis, misalnya: dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya dengan tujuan untuk kesembuhan dan kepuasan pasien. Pelayanan medis sebagian besar merupakan pelayanan yang bersifat cure dan ditujukan kepada pasien saja, tetapi pelayanan keperawatan bersifat care dan ditujukan kepada individu, keluarga, serta masyarakat, baik yang sehat maupun sakit (Praptianingsih, 2006).Metodologi Penelitian : Analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di RS Harapan Mulia yang berjumlah 35 orang , teknik pengambilan sampelnya adalah total sampling.Temuan Penelitian : menunjukan bahwa 18 pasien menilai komunikasi perawat yang Terapeutik 8 Pasien (44%) Puas, dan tidak puas 10 pasien (56%) tidak puas. Sedangkan 17 pasien menilai komunikasi perawat tidak Tidak Terapeutik, 15 pasien (88%) Puas dan 2 pasien tidak puas (12%). Dengan p value 0.006 (<0,005) dan Odds Rasio 9.375. Artinya komunikasi Terapeutik perawat berhubungan secara signifikan dengan tingkat kepuasan pasien yang menilai komunikasi terapeutik dan berpeluang puas 9.375 kali dibandingkan dengan yang menilai tidak Puas Sehingga dapat disimpulkan semakin Terapeutik dalam komunikasi perawat maka pasien akan semakin puas.Kesimpulan dan Rekomendasi : Diperoleh gambaran bahwa komunikasi terapeutik perawat dinilai oleh pasien yaitu 42.9 dengan p value 0.006 dengan demikaian ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien. Saran: Pihak menejemen rumah sakit mengadakan supervisi dan penyegaran melalui pelatihan kepada perawat tentang penerapan komunikasi terapeutik secara berkala. Perawat harus saling memotivasi dan memberikan dukungan dalam keberhasilan pelaksanaan komunikasi terapeutik kepada pasien agar dapat memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas dan berdampak positif pada kepuasan pasien.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sehabudin Sehabudin, Siti Anisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.