Firdaus Yang Hilang Dan Jalan Salib Yesus “Anak Daud”: Telaah Teks Percakapan Injil Lukas 23: 39-43
Keywords:
Lukas 23:39-43, struktur kiastik, integrative kausalitas, percakapan denganYesusAbstract
Konteks percakapan di Kalvari menjadi perhatian banyak teolog terutama dengan memperhatikan perkataan Yesus kepada salah seorang penjahat, hari ini juga, engkau bersama-sama dengan aku di Firdaus. Kosa kata hari ini dalam Lukas selain memuat hal teknis penempatannya dengan kata kerja, juga masih memberi ruang bagi kajian yang lebih komprehensif. Pendekatan yang dikedepankan dalam kajian percakapan ini berupa integrative kausalitas dari percakapan. Dengan diawali struktur literalnya memberikan sebuah hasil berbeda. Melalui pemahaman baik secara filsafat, teologi dan didaktik dikontraskan dengan penderitaan jalan salib Yesus Anak Daud, temuan menunjukkan Yesus melalui penderitaanNya sekali dan selamanya di Kalvari bertujuan mengembalikan Firdaus yang telah hilang. Yesus Mesias dari Nazareth menegaskan ulang tujuan akhir manusia termasuk kala disaput penderitaan. Rahasinya terletak pada manusia agar jangan kehilangan perkataannya. Kala konsisten akan menuju Firdaus bersama Yesus.Anak Daud Yesus Raja berkuasa memberikan Firdaus kepada manusia seperti Ia mengatakan kepada penjahat kedua
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A Dan Kia, Edward Sitepu, Willem Frans Ansanay, Jamsen Ginting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.