Penerapan Etika Bisnis Bagi Pedagang Muslim Dalam Persaingan Usaha

Authors

  • Umar Dani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sahrul Gunawan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sirajuddin Sirajuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Keywords:

Etika Bisnis, Pelaku Bisnis, Pedagang

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah di dalam aktivitas perdagangan  terdapat hal yang seharusnya menjadi penting untuk diperhatikan, yaitu tentang  perilaku atau berdagang khususnya etika perdagangan dalam Islam. Pada  kenyataannya di lapangan, para aktivis pedagang kerap kali melakasanakan  kegiatan perdagangang hanya sekedar untuk mencari keuntungan saja, tanpa  memperhatikan nilai-nilai keislaman yang seharusnya penting sebagai landasan  untuk melakukan proses perdagangan tersebut. Pedagang di Indonesia khususnya  hanya tertuju pada upaya pemaksimalan untuk mencari keuntungan sebesar[1]besarnya semata dan cenderung banyak meninggalkan nilai-nilai atau etika  keislaman terutama dalam dunia perdagangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif  kualitatif dengan menggunakan pendekatan ekonomi Islam yang membahas  tentang mengenai jual beli dalam Islam dan pendekatan pdigunakan adalah  observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data  primer dan sekunder.  Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menemukan bahwa Penerapan  Etika Bisnis Bagi Pedagang Muslim Dalam Persaingan Usaha sudah berjalan karena dari hasil penelitian terhadap pedagang, ada yang sudah mengetahui tentang etika dan menerapkannya dan ada juga yang mengetahui namun tidak  menerapkannnya. Persaingan usaha yang di lakukan pedagang di Pusat Grosir  Sungguminasa Kab. Gowa dapat dikatakan persaingan yang jujur dan sehat karena  para pedagang yakin bahwa rezki telah diatur oleh Allah SWT dan masing-masing  telah ada bagiannya. Oleh karena itu, para pedagang tidak terlalu memikirkan  persaingan dan menganggap bahwa dalam berdagang pasti ada yang namanya untung rugi dan semua itu harus di terima resikonya.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Dani, U., Gunawan, S. ., & Sirajuddin, S. (2024). Penerapan Etika Bisnis Bagi Pedagang Muslim Dalam Persaingan Usaha. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(1), 167–177. Retrieved from https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/600