Penerapan Etika Bisnis Bagi Pedagang Muslim Dalam Persaingan Usaha
Keywords:
Etika Bisnis, Pelaku Bisnis, PedagangAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah di dalam aktivitas perdagangan terdapat hal yang seharusnya menjadi penting untuk diperhatikan, yaitu tentang perilaku atau berdagang khususnya etika perdagangan dalam Islam. Pada kenyataannya di lapangan, para aktivis pedagang kerap kali melakasanakan kegiatan perdagangang hanya sekedar untuk mencari keuntungan saja, tanpa memperhatikan nilai-nilai keislaman yang seharusnya penting sebagai landasan untuk melakukan proses perdagangan tersebut. Pedagang di Indonesia khususnya hanya tertuju pada upaya pemaksimalan untuk mencari keuntungan sebesar[1]besarnya semata dan cenderung banyak meninggalkan nilai-nilai atau etika keislaman terutama dalam dunia perdagangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan ekonomi Islam yang membahas tentang mengenai jual beli dalam Islam dan pendekatan pdigunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menemukan bahwa Penerapan Etika Bisnis Bagi Pedagang Muslim Dalam Persaingan Usaha sudah berjalan karena dari hasil penelitian terhadap pedagang, ada yang sudah mengetahui tentang etika dan menerapkannya dan ada juga yang mengetahui namun tidak menerapkannnya. Persaingan usaha yang di lakukan pedagang di Pusat Grosir Sungguminasa Kab. Gowa dapat dikatakan persaingan yang jujur dan sehat karena para pedagang yakin bahwa rezki telah diatur oleh Allah SWT dan masing-masing telah ada bagiannya. Oleh karena itu, para pedagang tidak terlalu memikirkan persaingan dan menganggap bahwa dalam berdagang pasti ada yang namanya untung rugi dan semua itu harus di terima resikonya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Umar Dani, Sahrul Gunawan, Sirajuddin Sirajuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.