Etnomatematika : Eksplorasi Motif Bola Nafo Keleomo Terhadap Konsep Bangun Datar
Keywords:
Etnomatematika, Motif Bola Nafo Keleomo, Bangun DatarAbstract
Matematika terkoneksi dengan budaya. Budaya dapat dikaitkan dengan kehidupan masyarakat setempat baik berupa benda ciri khas daerah tersebut maupun kegiatan yang sudah turun temurun. Pada keseharian banyak budaya yang dapat dihubungkan dengan materi matematika, sehingga matematika dan budaya adalah dua hal yang berkaitan erat. Matematika dalam budaya disebut dengan Etnomatematika. Salah satu objek etnomatematika adalah motif bola nafo keleomo suku Nias berupa kantong sirih bersejarah yang menjadi warisan khas daerah tersebut. Tujuan dari penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi ini adalah untuk menggali dan mengeksplorasi konsep matematika bangun datar yang terdapat pada motif bola nafo keleomo suku Nias yang dapat dimanfaatkan sebagai media belajar matematika serta sebagai upaya untuk mengembangkan etnomatematika menjadi basis pembelajaran matematika. Melalui eksplorasi, dokumentasi, studi literatur dan observasi terhadap motif bola nafo keleomo suku Nias, maka dapat disimpulkan bahwa pada motif bola nafo terdapat konsep bangun datar segiempat dan segitiga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulina Giawa, Hardi Tambunan, Ruth M Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.