Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Materi Objek Ipa Dan Pengamatannya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning

Authors

  • Dwi Anggriyan SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.59

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Objek IPA dan Pengamatannya, Model Discovery Learning.

Abstract

Model pembelajaran yang kurang bervariasi dan menarik sehingga menginspirasi penulis untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas ini. Dalam proses belajar mengajar, guru gagal menghasilkan pembelajaran yang positif dan menggairahkan, sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran, dan siswa tidak banyak berperan aktif. Selama proses pembelajaran berlangsung siswa terus memilih bermain sendiri, sehingga nilai yang mereka peroleh akan tetap di bawah level KKM. Penulis mengklaim bahwa menggunakan strategi discovery learning dalam proses pembelajaran dapat menghasilkan hasil yang lebih baik bagi siswa. Tujuan penelitian ini, yaitu: Penelitian ini bertujuan: (a) untuk menerapkan metode discovery learning untuk peningkatan hasil belajar IPA materi Objek IPA dan  Pengamatannya pada siswa kelas VII B SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah, (b) untuk mengetahui hasil belajar IPA materi Objek IPA dan Pengamatannya melalui metode discovery learning pada siswa kelas VII B SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah, (c) untuk meningkatan hasil belajar IPA materi Objek IPA dan Pengamatannya melalui metode discovery learning pada siswa kelas VII B SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan langkah- langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode Discovery Learning. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B terdiri dari 15 siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam materi Objek IPA dan Pengamatannya melalui metode Discovery Learning dapat meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang tuntas KKM sebanyak 5 siswa atau 33,33%. Pada siklus II siswa yang tuntas KKM sebanyak 13 siswa atau 86,67 % meningkat  53,34 % dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran  Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Objek IPA dan Pengamatannya pada siswa kelas VII B SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah tahun  pelajaran  2022/2023.

Downloads

Published

2022-10-13

How to Cite

Anggriyan, D. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Materi Objek Ipa Dan Pengamatannya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(3), 349–355. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.59