Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Materi Objek Ipa Dan Pengamatannya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.59Keywords:
Hasil Belajar IPA, Objek IPA dan Pengamatannya, Model Discovery Learning.Abstract
Model pembelajaran yang kurang bervariasi dan menarik sehingga menginspirasi penulis untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas ini. Dalam proses belajar mengajar, guru gagal menghasilkan pembelajaran yang positif dan menggairahkan, sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran, dan siswa tidak banyak berperan aktif. Selama proses pembelajaran berlangsung siswa terus memilih bermain sendiri, sehingga nilai yang mereka peroleh akan tetap di bawah level KKM. Penulis mengklaim bahwa menggunakan strategi discovery learning dalam proses pembelajaran dapat menghasilkan hasil yang lebih baik bagi siswa. Tujuan penelitian ini, yaitu: Penelitian ini bertujuan: (a) untuk menerapkan metode discovery learning untuk peningkatan hasil belajar IPA materi Objek IPA dan Pengamatannya pada siswa kelas VII B SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah, (b) untuk mengetahui hasil belajar IPA materi Objek IPA dan Pengamatannya melalui metode discovery learning pada siswa kelas VII B SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah, (c) untuk meningkatan hasil belajar IPA materi Objek IPA dan Pengamatannya melalui metode discovery learning pada siswa kelas VII B SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan langkah- langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode Discovery Learning. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B terdiri dari 15 siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam materi Objek IPA dan Pengamatannya melalui metode Discovery Learning dapat meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang tuntas KKM sebanyak 5 siswa atau 33,33%. Pada siklus II siswa yang tuntas KKM sebanyak 13 siswa atau 86,67 % meningkat 53,34 % dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Objek IPA dan Pengamatannya pada siswa kelas VII B SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah tahun pelajaran 2022/2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Anggriyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.