Penerapan Model Case Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII Smp Negeri 17 Medan
Keywords:
Case Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model Case Based Learning (CBL) di kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Medan, (2) Mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menerapkan model Case Based Learning (CBL) di kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Medan T.A 2021/2022 yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menerapkan model case based learning pada materi statistika. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana diakhiri setiap siklus diberikan tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa untuk mengetahui tingkat kemmapuan berpikir kritis matematis siswa. (1) Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 59,9 dimana 12 siswa (40%) dari 30 siswa telah mencapai standar berpikir kritis dan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 83,73 dimana 26 siswa (86,67%) dari 30 siswa telah mencapai standard berpikir kritis yang ditargetkan. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kritis matematis sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari siswa sudah mampu menyelesaikan kasus dengan langkah-langkah penyelesaian pada materi statistika yang tepat serta berkurangnya kesalahan siswa dalam dalam berhitung. Proses jawaban pada tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 43,33% dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat dengan menerapkan model Case Based Learning di kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Medan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Natasya Sari Nababan, Prihatin Ningsih Sagala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.