Meningkatkan Keterampilan Menulis Descriptive Text Dengan Membuat Poster
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.57Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas adalah: 1) meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi (descriptive text) dalam bahasa Inggris dengan pembelajaran berbasis proyek; dan 2) melakukan penilaian keterampilan teks deskripsi (descriptive text) dengan membuat poster bagi peserta didik kelas VIII F SMP N 3 Demak. Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dengan langkah-langkah: 1) penentuan proyek pembuatan poster, 2) penyusunan langkah-langkah membuat poster, 3) membuat poster dengan fasilitasi dan monitoring oleh guru, 4) presentasi/publikasi hasil poster dan 5) evaluasi poster hasil proyek. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian keterampilan, dengan indikator penilaian: 1) vocabulary (kosa kata) yang digunakan; 2) content (isi poster); 3) writing style (gaya tulisan); 4) grammar (gaya bahasa); dan 5) hasil proyek berupa poster.Hasil Penelitian dari siklus I ke siklua II; instrumen Vocabulary terjadi penurunan pada kategori kurang 60% menjadi 0% dan terjadi kenaikan pada kategori cukup 40 % menjadi 66,7% dan kategori bagus/sangat bagus dari 0% menjadi 33,3%. Content (isi) terjadi penurunan pada kategori kurang 73,3% menjadi 6,7% dan terjadi kenaikan pada kategori cukup 26,7 % menjadi 60% dan kategori bagus dari 0% menjadi 33,3%. Writing Style (Gaya menulis) terjadi penurunan pada kategori kurang 50% menjadi 10% dan terjadi kenaikan pada kategori cukup 40 % menjadi 66,7% dan kategori bagus dari 0% menjadi 33,3%. Grammar (gaya Bahasa) terjadi penurunan pada kategori kurang 66,7% menjadi 10% dan terjadi kenaikan pada kategori cukup dari 33,3 % menjadi 56,7% dan kategori bagus 0% menjadi 33,3%. Hasil Proyek/Poster terjadi penurunan kategori kurang dari 46% menjadi 0% dan cukup 50 % menjadi 33,3% dan kategori bagus/sangat bagus terjadi kenaikan dari 3% menjadi 66,7%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maskanah Maskanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.