Meningkatkan Keterampilan Menulis Descriptive Text Dengan Membuat Poster

Authors

  • Maskanah Maskanah SMP Negeri 3 Demak

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.57

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas adalah: 1) meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi (descriptive text) dalam bahasa Inggris dengan pembelajaran berbasis proyek; dan 2) melakukan penilaian keterampilan teks deskripsi (descriptive text) dengan membuat poster bagi peserta didik kelas VIII F SMP N 3 Demak. Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dengan langkah-langkah: 1) penentuan proyek pembuatan poster, 2) penyusunan langkah-langkah membuat poster, 3) membuat poster dengan fasilitasi dan monitoring oleh guru, 4) presentasi/publikasi hasil poster   dan 5) evaluasi poster hasil proyek. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian keterampilan, dengan indikator penilaian: 1) vocabulary (kosa kata) yang digunakan; 2) content (isi poster); 3) writing style (gaya tulisan); 4) grammar (gaya bahasa); dan 5) hasil proyek berupa poster.Hasil Penelitian dari siklus I ke siklua II; instrumen Vocabulary terjadi penurunan pada kategori kurang 60% menjadi 0% dan terjadi kenaikan pada kategori cukup 40 % menjadi 66,7% dan kategori bagus/sangat bagus dari 0% menjadi 33,3%. Content (isi) terjadi penurunan pada kategori kurang 73,3% menjadi   6,7% dan terjadi kenaikan pada kategori cukup 26,7 %   menjadi 60% dan kategori bagus dari 0% menjadi   33,3%. Writing Style (Gaya menulis) terjadi penurunan pada kategori kurang 50% menjadi   10% dan terjadi kenaikan pada kategori cukup 40 % menjadi 66,7% dan kategori bagus dari 0% menjadi 33,3%. Grammar (gaya Bahasa) terjadi penurunan pada kategori kurang 66,7% menjadi 10% dan terjadi kenaikan pada kategori cukup dari   33,3 %   menjadi   56,7% dan kategori bagus   0% menjadi 33,3%. Hasil Proyek/Poster terjadi penurunan kategori   kurang dari   46%   menjadi 0%   dan cukup 50 %   menjadi   33,3% dan kategori bagus/sangat bagus   terjadi kenaikan dari 3%   menjadi   66,7%.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Maskanah, M. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Descriptive Text Dengan Membuat Poster . Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(3), 323–335. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.57