Impelmentasi Aida Pada Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Pada Umkm

Authors

  • Natalia Trisandi Seuk Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Zaenal Wafa Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i12.560

Keywords:

AIDA, digital marketing, UMKM

Abstract

Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online  dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Pelatihan dan pendampingan digital marketing dengan metode AIDA (Attention,Interest,Desire,Action) telah di implementasikan sebagai strategi untuk meningkatkan omset penjualan  UMKM. Metode Aida ini adalah Pendekatan pemasaran. Tujuan digunakan metode AIDA ini untuk memandu proses komunikasi pemasaran sehinga dapat mencapai konversensi atau tindakan yang diinginkan dari target audiens. Dengan menerapkan metode AIDA ini maka UMKM bisa menarik perhatian pelanggan, mengembangkan minat, membangkitkkan keingian hingga mendorong tindakan pembelian atau interaksi lebih lanjut. Dunia maya kini tak lagi hanya mampu menghubungkan orang dengan perangkat, namun juga orang dengan orang lain di seluruh  penjuru dunia. Keberadaan UMKM diharapkan mampu memacu perekonomian di tengah perlambatan  ekonomi yang terjadi saat ini. Pada era digital saat ini Pelaku UMKM tersebut belum memanfaatkan teknologi melalui media internet, sehingga konsumennya merupakan pelanggan tetap mereka.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperluas jangkauan penjualan dan menaikkan omset penjualan UMKM di Jl. Nusa Indah No 242 Depok sleman daera istimewah yogyakarta melalui pelatihanan dan pendampingan digital marketing. Kegiatan Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif sebagai pendekatan kasus terhadap UMKM bakso family yang bergerak dibidang penjualan mie ayam dan bakso, dan toko sembako yang bergerak dibidang penjualan berbagai macam sayur.  Melalui kegiatan pengabdian ini menjangkau menjual barang atau jasa tidak hanya tatap muka namun juga melalui dunia digital, sehingga berpotensi menaikkan omset pennjualan.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Trisandi Seuk, N., & Wafa, Z. . (2023). Impelmentasi Aida Pada Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Pada Umkm. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(12), 1429–1437. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i12.560