Impelmentasi Aida Pada Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Pada Umkm
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i12.560Keywords:
AIDA, digital marketing, UMKMAbstract
Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Pelatihan dan pendampingan digital marketing dengan metode AIDA (Attention,Interest,Desire,Action) telah di implementasikan sebagai strategi untuk meningkatkan omset penjualan UMKM. Metode Aida ini adalah Pendekatan pemasaran. Tujuan digunakan metode AIDA ini untuk memandu proses komunikasi pemasaran sehinga dapat mencapai konversensi atau tindakan yang diinginkan dari target audiens. Dengan menerapkan metode AIDA ini maka UMKM bisa menarik perhatian pelanggan, mengembangkan minat, membangkitkkan keingian hingga mendorong tindakan pembelian atau interaksi lebih lanjut. Dunia maya kini tak lagi hanya mampu menghubungkan orang dengan perangkat, namun juga orang dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Keberadaan UMKM diharapkan mampu memacu perekonomian di tengah perlambatan ekonomi yang terjadi saat ini. Pada era digital saat ini Pelaku UMKM tersebut belum memanfaatkan teknologi melalui media internet, sehingga konsumennya merupakan pelanggan tetap mereka.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperluas jangkauan penjualan dan menaikkan omset penjualan UMKM di Jl. Nusa Indah No 242 Depok sleman daera istimewah yogyakarta melalui pelatihanan dan pendampingan digital marketing. Kegiatan Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif sebagai pendekatan kasus terhadap UMKM bakso family yang bergerak dibidang penjualan mie ayam dan bakso, dan toko sembako yang bergerak dibidang penjualan berbagai macam sayur. Melalui kegiatan pengabdian ini menjangkau menjual barang atau jasa tidak hanya tatap muka namun juga melalui dunia digital, sehingga berpotensi menaikkan omset pennjualan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Natalia Trisandi Seuk, Zaenal Wafa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.