Swot Bmc Business Model Sebagai Strategi Bisnis Wisata Alam Berbasis Petualangan (Studi Kasus Pada Wana Wisata Grand Sayang Kaak Kabupaten Ciamis)

Authors

  • Rafdy Risfandipraja Universitas Islam Bandung
  • Muhardi Muhardi Universitas Islam Bandung
  • Sri Suwarsi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i11.549

Keywords:

Model bisnis, Strategi inovasi, Pariwisata alam berbasis petualangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis dan strategi inovasi di Wana Wisata Grand Sayang Kaak, sebuah tempat pariwisata alam berbasis petualangan yang terdampak oleh pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan BMC dan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari model bisnis saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tempat pariwisata memiliki potensi untuk berkembang, tetapi perlu melakukan perbaikan dalam hal segmentasi pasar, riset produk/layanan, inovasi, strategi pemasaran, investasi infrastruktur, dan kerjasama dengan stakeholder. Rekomendasi penelitian mencakup pengembangan model bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pasar, serta strategi inovasi yang berfokus pada keunggulan kompetitif.

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Risfandipraja, R., Muhardi, M., & Suwarsi, S. . (2023). Swot Bmc Business Model Sebagai Strategi Bisnis Wisata Alam Berbasis Petualangan (Studi Kasus Pada Wana Wisata Grand Sayang Kaak Kabupaten Ciamis). Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(11), 1668–1878. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i11.549