Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Virus Di Sma Swasta Pab 8 Saentis
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.53Keywords:
Sumber Belajar, Macromedia Flash, Penelitian Pengembangan, Virus, SMA Swasta PAB 8 SaentisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran biologi pada materi virus di kelas X yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Pengembangan multimedia menggunakan software Macromedia Flash 8. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Swasta PAB 8 Saentis. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar angket penilaian validasi ahli materi, angket penilaian validasi ahli media, lembar tanggapan guru, dan lembar tanggapan siswa. Pengembangan Multimedia Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu melalui tahap Define, Design, Development dan Disseminate. Pada model ini setiap tahapan dilakukan revisi hingga dihasilkan produk Multimedia Pembelajaran yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi diperoleh dengan skor rata-rata 4,58 yang termasuk kriteria sangat baik dan penilaian ahli media diperoleh dengan skor rata-rata 4,59 yang termasuk kriteria sangat baik. Penilaian tanggapan oleh guru bidang studi biologi diperoleh skor rata-rata 4,90 termasuk kriteria sangat baik dan tanggapan siswa pada uji coba kelompok besar diperoleh skor rata-rata 4,74 tergolong kriteria sangat baik. Penyebaran terbatas dilakukan pada siswa kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis. Hasil ketuntasan klasikal pada kelas X IPA 1 mendapatkan persentase 95% dan pada kelas X IPA 2 dengan persentase 92,3%. Multimedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 yang telah dikembangkan memperoleh kriteria penilaian sangat baik dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran biologi virus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Samantha Christy, Mariaty Sipayung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.