Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Hots Setelah Pembelajaran Menggunakan Platform E-Learning

Authors

  • Angel Claudia Situmeang Universitas Negeri Medan
  • Edi Syahputra Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.519

Keywords:

Kesulitan, Higher Order Thinking Skill, Indikator Kesulitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS setelah pembelajaran menggunakan Platform E-Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes soal HOTS dan pedoman wawancara. Adapun pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes soal HOTS kepada 32 siswa kelas XI IPA 3. Sebelum memberikan tes soal HOTS, guru melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah dirancang oleh peneliti di kelas XI IPA 3 dengan menggunakan Platform E- Learning. Setelah itu dilaksanakan tes soal HOTS, dimana dari hasil tes tersebut dipilih masing-masing 2 subjek tiap kategorisasi penilaian HOTS yaitu siswa yang memiliki kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi hasil tes dan hasil wawancara. Data yang diolah merupakan data kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill. Soal yang digunakan untuk melihat kesulitan siswa adalah soal Barisan dan Deret bertipe Higher Order Thinking Skill dengan jumlah 5 soal yaitu terdiri dari 2 soal aspek menganalisis, 2 soal aspek mengevaluasi dan 1 soal aspek mencipta. Kemudian wawancara dilakukan untuk lebih menggali kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS pada materi Barisan dan Deret. Adapun indikator kesulitan dalam penelitian ini yaitu kesulitan dalam mengingat/memahami fakta, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam operasi perhitungan dan kesulitan dalam memahami prinsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) subjek dengan kategori tinggi masih mengalami beberapa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS; 2) subjek dengan kategori sedang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS dengan indikator kesulitan yaitu kesulitan dalam mengingat/memahami fakta, kesulitan dalam memahami konsep, dan kesulitan dalam memahami prinsip; dan 3) subjek dengan kategori rendah mengalami kesulitan hampir pada semua soal dan memenuhi semua indikator kesulitan

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Claudia Situmeang, A., & Syahputra, E. . (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Hots Setelah Pembelajaran Menggunakan Platform E-Learning. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(3), 496–505. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.519