Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Hots Setelah Pembelajaran Menggunakan Platform E-Learning
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i3.519Keywords:
Kesulitan, Higher Order Thinking Skill, Indikator KesulitanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS setelah pembelajaran menggunakan Platform E-Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes soal HOTS dan pedoman wawancara. Adapun pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes soal HOTS kepada 32 siswa kelas XI IPA 3. Sebelum memberikan tes soal HOTS, guru melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah dirancang oleh peneliti di kelas XI IPA 3 dengan menggunakan Platform E- Learning. Setelah itu dilaksanakan tes soal HOTS, dimana dari hasil tes tersebut dipilih masing-masing 2 subjek tiap kategorisasi penilaian HOTS yaitu siswa yang memiliki kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi hasil tes dan hasil wawancara. Data yang diolah merupakan data kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill. Soal yang digunakan untuk melihat kesulitan siswa adalah soal Barisan dan Deret bertipe Higher Order Thinking Skill dengan jumlah 5 soal yaitu terdiri dari 2 soal aspek menganalisis, 2 soal aspek mengevaluasi dan 1 soal aspek mencipta. Kemudian wawancara dilakukan untuk lebih menggali kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS pada materi Barisan dan Deret. Adapun indikator kesulitan dalam penelitian ini yaitu kesulitan dalam mengingat/memahami fakta, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam operasi perhitungan dan kesulitan dalam memahami prinsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) subjek dengan kategori tinggi masih mengalami beberapa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS; 2) subjek dengan kategori sedang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS dengan indikator kesulitan yaitu kesulitan dalam mengingat/memahami fakta, kesulitan dalam memahami konsep, dan kesulitan dalam memahami prinsip; dan 3) subjek dengan kategori rendah mengalami kesulitan hampir pada semua soal dan memenuhi semua indikator kesulitan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Angel Claudia Situmeang, Edi Syahputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.