Televisi Sebagai Media Komunikasi Partai Perindo

Authors

  • Soraya P Togas Universitas Jayabaya, Jakarta
  • Novianty Elizabeth Ayuna Universitas Jayabaya, Jakarta
  • Datep Purwa Saputra Universitas Jayabaya, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.503

Keywords:

Media televisi dan Politik, Partai, Perindo

Abstract

Media televisi saat ini telah menjadi alat yang diperlukan oleh partai dalam rangka pemenangan Pemilu. Media televisi bukan saja sebagai alat yang memberi pesan dari komunikan kepada kepada komunikator tetapi menjadi alat yang diunggulkan dalam memenangkan serta mempengaruhi suara para konstituen.  Media televisi mempunya ruang gerak yang lebih besar, karena televisi dapat menjangkau sampai ke desa-desa yang terpencil. Pesan-pesan politik yang hendak disuarakan baik oleh partai politik maupun calon anggota legislatif disampaikan lewat televisi.  Hary Tanoesoedibjo sebagai Ketua Umum Partai Perindo adalah pemilik 4 stasiun televisi terbanyak di Indonesia yaitu RCTI, iNews TV, Global TV dan MNC TV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi komparif. Metode ini bertujuan untuk mengekplorasi dan membandingkan suatu fenomena dalam mendapatkan jawaban mendasar. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumen dan pustaka. Informan dalam penelitian adalah Pengurus DPP Partai Perindo, Pemimpin Redaksi iNews dan MNC TV, Media Center iNews, Pengamat politik dan beberapa pemirsa aktif televisi.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

P Togas, S., Elizabeth Ayuna, N. ., & Purwa Saputra, D. . (2023). Televisi Sebagai Media Komunikasi Partai Perindo. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(8), 1510–1515. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.503