Faktor Penentu Generasi Milenial Di Jabodetabek Menjadi Nasabah Bank Syariah

Authors

  • Abdul Al Aziz Institut Agama Islam Tazkia
  • Indra Indra Institut Agama Islam Tazkia
  • Erwandi Tarmizi Institut Agama Islam Tazkia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.496

Keywords:

Bank Syariah, Niat Konsumsi, Religiusitas, TPB, TAM

Abstract

Perbankan sy-ariah telah mengalami perkembangan dan kenaikan yang cukup signifikan juga pesat sejak awal masuknya sistem ekonomi syariah ke Indonesia, tetapi perkembangan ini masih cukup jauh perkembangannya dibandingkan dengan perbankan konvensional. Peneliti bertujuan untuk melihat apakah faktor-faktor dari TPB dan TAM seperti perceived usefulness, perceived ease to use, attitude, subjective norm, perceived behavioral control, Islamic Finacial Literacy dan Religiusitas memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan milenial untuk menjadi nasabah bank syariah di jabodetabek khususnya. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM- PLS atau Partial Least Square. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 148 nasabah bank syariah di Indonesia. Data dikumpulkan melalui google form. Data yang diperoleh, di analisa menggunakan analisa konfirmatori (CFA). Hipothesis yang dikembangkan untuk penelitian ini diuji dengan pengujian composite reliability. Studi ini menemukan bahwa 77,2 % niat milenial dijabodetabek dipengaruhi oleh variabel attitude, subjective norms, perceived behavioral control, religiusitas, Perceived Ease to Use dan Perceived Usefulness serta Islamic financial literacy. Sisanya sebesar 22,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Al Aziz, A., Indra, I., & Tarmizi , E. . (2023). Faktor Penentu Generasi Milenial Di Jabodetabek Menjadi Nasabah Bank Syariah . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(8), 1419–1430. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.496