Peranan Atribut Destinasi Wisata Dalam Meningkatkan Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Geopark Merangin, Jambi

Authors

  • Ida Kurnia Putri STIE YA BANGKO

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.478

Keywords:

Atribut Destinasi Wisata, Kepuasan Pengunjung, Revisit Intention, Merangin Geopark

Abstract

Wisata Geopark Kabupaten Merangin merupakan salah satu warisan dunia yang diakui oleh UNESCO pada September 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh atribut destinasi wisata terhadap kepuasan pengunjung yang dimediasi oleh niat berkunjung kembali. Data yang diperoleh dalam penelitian melalui kuesioner sebanyak 135 responden dengan menggunakan alat analisis data berupa Partial Least Square (PLS).Geopark merupakan wisata pedesaan yang dikelola oleh Pemerintah, pengelola pariwisata, biro perjalanan wisata, dan masyarakat setempat yang menjadi faktor daya tarik utama dalam menaikkan atribut destinasi wisata agar wisatawan puas sehingga wisatawan akan melakukan kunjungan kembali di Geopark Merangin. tur dengan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh atribut destinasi wisata terhadap kepuasan pengunjung. Atribut destinasi wisata berperan dalam meningkatkan minat berkunjung kembali ke Geopark Merangin. Kepuasan pengunjung dapat mencerminkan niat berkunjung kembali yang merupakan kunci penting bagi wisatawan untuk kembali ke destinasi wisata yang sama. Kepuasan wisatawan ternyata mampu mengolah atribut destinasi wisata menjadi niat berkunjung kembali dengan indikator paling tinggi adalah paket tersedia yang berarti memiliki pengaruh yang besar dibandingkan variabel lainnya. semakin banyak atribut tujuan wisata yang dapat dimanfaatkan pada Geopark. Mereka akan mengajak pengunjung untuk melakukan kunjungan ulang ke Geopark Merangin. Semakin banyak atribut destinasi wisata yang dapat dimanfaatkan di Geopark akan membuat pengunjung melakukan kunjungan berulang ke Geopark. Kepuasan pengunjung mencerminkan adanya niat berkunjung kembali yang merupakan kunci penting bagi wisatawan untuk kembali ke destinasi wisata yang sama. Kepuasan wisatawan ditemukan memediasi atribut destinasi wisata terhadap niat berkunjung kembali.

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Kurnia Putri, I. (2023). Peranan Atribut Destinasi Wisata Dalam Meningkatkan Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Geopark Merangin, Jambi. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(8), 1303–1310. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.478