Peranan Atribut Destinasi Wisata Dalam Meningkatkan Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Geopark Merangin, Jambi
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.478Keywords:
Atribut Destinasi Wisata, Kepuasan Pengunjung, Revisit Intention, Merangin GeoparkAbstract
Wisata Geopark Kabupaten Merangin merupakan salah satu warisan dunia yang diakui oleh UNESCO pada September 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh atribut destinasi wisata terhadap kepuasan pengunjung yang dimediasi oleh niat berkunjung kembali. Data yang diperoleh dalam penelitian melalui kuesioner sebanyak 135 responden dengan menggunakan alat analisis data berupa Partial Least Square (PLS).Geopark merupakan wisata pedesaan yang dikelola oleh Pemerintah, pengelola pariwisata, biro perjalanan wisata, dan masyarakat setempat yang menjadi faktor daya tarik utama dalam menaikkan atribut destinasi wisata agar wisatawan puas sehingga wisatawan akan melakukan kunjungan kembali di Geopark Merangin. tur dengan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh atribut destinasi wisata terhadap kepuasan pengunjung. Atribut destinasi wisata berperan dalam meningkatkan minat berkunjung kembali ke Geopark Merangin. Kepuasan pengunjung dapat mencerminkan niat berkunjung kembali yang merupakan kunci penting bagi wisatawan untuk kembali ke destinasi wisata yang sama. Kepuasan wisatawan ternyata mampu mengolah atribut destinasi wisata menjadi niat berkunjung kembali dengan indikator paling tinggi adalah paket tersedia yang berarti memiliki pengaruh yang besar dibandingkan variabel lainnya. semakin banyak atribut tujuan wisata yang dapat dimanfaatkan pada Geopark. Mereka akan mengajak pengunjung untuk melakukan kunjungan ulang ke Geopark Merangin. Semakin banyak atribut destinasi wisata yang dapat dimanfaatkan di Geopark akan membuat pengunjung melakukan kunjungan berulang ke Geopark. Kepuasan pengunjung mencerminkan adanya niat berkunjung kembali yang merupakan kunci penting bagi wisatawan untuk kembali ke destinasi wisata yang sama. Kepuasan wisatawan ditemukan memediasi atribut destinasi wisata terhadap niat berkunjung kembali.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ida Kurnia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.