Efisiensi Pemasaran Nanas (Ananas Comosus L. Merr) Di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.466Keywords:
Saluran pemasaran, Buah nanas, Farmer Share, Efisiensi pemasaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Saluran pemasaran nanas di daerah penelitian. (2) untuk Mengetahui tingkat farmer Share pemasaran buah nanas di daerah penelitian. (3) Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran buah nanas di daerah penelitian Penelitian ini di lakukan di Desa Pasar Tiga Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu. Kesimpulan dari penelitian ini.1) Saluran pemasaran didaerah penelitian terdiri dan tiga saluran pemasaran, saluran pemasaran yang pertama yaitu dari petani langsung ke konsumen akhir, saluran pemasaran yang ke dua dari petani ke pedagang pengecer, dan pedagang pengecer ke konsumen akhir. Saluran pemasaran tiga dari petani ke pedagang pengumpul lalu dari pedagang pengumpul ke pedagang pengecer lalu dari pedagang pengecer ke konsumen akhir. 2) Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenagakerja, packing, dan biaya penyusutan untuk pedagang pengumpul 3) Share margin yang di peroleh pada saluran I sebesar 75,47% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 10.25/buah. Share margin yang di peroleh pada saluran II sebesar 40,27% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 1.300/buah. Share margin yang di peroleh pada saluran III sebesar 41,04% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 1.300 /buah. 4) Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 0,5% < 33% Efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 12,2% < 33%, Efisiensi pemasaran pada saluran III sebesar 7,8% <33%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.