Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Model Learning Community Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Letak Geografis

Authors

  • Siti Faedah Pemerintah Kabupaten Cilacap Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.463

Keywords:

IPS, ilmiah, komunitas belajar

Abstract

Kesulitan dalam pembelajaran IPS materi letak geografis Negara-negara ASEAN menjadi masalah yang akan diatasi dalam penelitian tindakan ini. Permasalahan ini didukung oleh siswa yang kurang menyukai materi tersebut. Hal ini dialami oleh siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Kesugihan tahun pelajaran 2021/2022. Oleh karena itu, penulis mengatasi masalah ini dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran learning community. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran learning community pada siswa  kelas VIII F SMP Negeri 3 Kesugihan tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing- siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data aktivitas peserta didik digali dengan lembar pengamatan aktivitas siswa. Data pengelolaan pembelajaran oleh guru digali dengan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, sedangkan data hasil belajar siswa digali dengan penilaian harian. Penerapan pendekatan saintifik dengan model learning community membuktikan sikap spiritual, sikap sosial, dan keaktifan siswa meningkat. Pembelajaran IPS materi mobilitas sosial dan faktor-faktornya dengan penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran learning community pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Kesugihan tahun pelajaran 2021/2022 mengalami peningkatan dalam hal nilai rata-rata yang diperoleh. Pada prasiklus nilai rata-rata 67,34, siklus I nilai rata-rata 77,03, dan siklus II nilai rata-rata 82,97. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan. Siswa yang sudah tuntas pada prasiklus berjumlah 11 orang  siswa (34,37%). Siswa yang tuntas pada siklus I berjumlah 21 siswa (65,62%). Siswa yang sudah tuntas pada siklus II mencapai  29 orang siswa (90,62%). Dengan kondisi tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan model learning community dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi mobilitas sosial dan faktor-faktornya pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Kesugihan tahun pelajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Faedah, S. (2023). Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Model Learning Community Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Letak Geografis . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(8), 1283–1301. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.463