Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Baby Bus “Jus Jeruk Di Mesin Penjualan” Bagi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.462Keywords:
Film animasi, Pendidikan Karakter, Anak Usia DiniAbstract
Saat ini Indonesia dihadapkan dengan tantangan era digital. Keadaan tersebut diharapkan tidak menjadi kendala untuk tetap mempertahankan kekhasan Negara Indonesia dengan karakter positifnya. Anak dianggap sebagai benih emas yang nantinya bisa membuat negara semakin maju. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan pendidikan. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang saling bersinergi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ilmuan sepakat jika pendidikan yang paling utama bagi anak adalah pendidikan yang diberikan keluarganya sejak usia dini. Dunia anak adalah dengan bermain. Seringkali dalam permainannya, mereka merasa bosan. Menghadapi hal tersebut, menonton sebagai salah satu hiburan sekaligus pendidikan bagi mereka. Namun tetap saja, harus diawasi dan dibatasi. Tontonan yang diberikan harus sesuai dengan usia mereka dan bersifat mendidik. Salah satu tontonan yang bisa dijadikan referensi adalah film Baby Bus “Jus Jeruk di Mesin Penjualan”. Film dengan tema ini, berdurasi kurang lebih 7 menit. Terdapat beberapa nilai positif yang bisa diambil dan dicontoh seperti; peduli, tolong menolong, dan kerjasama. Itulah tiga karakter positif yang bisa anak tiru sesuai dengan indikator nilai moral yang harus ditanamkan pada anak yaitu seperti rasa hormat, keadilan, toleransi, kebijaksanaan, disiplin diri, saling memaafkan, tolong menolong, peduli sesama, kerja sama dan keberanian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lili Hastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.