Model Latihan Bodily Kinesthetic Pada Anak Tunagrahita Ringan Usia 10 - 12 Tahun Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.458Keywords:
Bodily kinesthetic, website, TunagrahitaAbstract
Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk memecahkan sebuah permasalahan yang ditemui pada sekolah luar biasa sebab tidak adanya tenaga pendidik di bidang olahraga pada sekolah luar biasa dengan mengembangkan model latihan bodily kinesthetic pada anak tunagrahita ringan usia 10 – 12 tahun berbasis website dengan metode Research and Development ADDIE yang melalui lima tahapan diantaranya 1) Analisis Kebutuhan, 2) Perancangan, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Pengambilan data dilakukan melalui proses wawancara dengan guru pendidikan luar biasa dan juga orang tua siswa terkait kesulitan yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar yang berfokus pada latihan motorik. Proses perancangan model website melalui tahap validasi oleh dosen ahli yang dilanjutkan dengan tahap pengembang model sampai pada tahap evaluasi. Kesimpulan dan hasil penelitian ini adalah terciptanya website dengan domain eerdoo.com sebagai media latihan bodily kinesthetic yang akan digunakan oleh guru pendidikan luar biasa dan orang tua siswa tunagrahita ringan 10 – 12 tahun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naufal Dzakwan Maulana, Fajar Vidya Hartono , Yasep Setiakarnawijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.