Implementasi Pengelolaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Mi Terpadu Al-Madani Margorejo Pati

Authors

  • Muhammad Abdul Mu’iz Jurusan Tarbiyah STAI Pati
  • Muh Irvan Maulana Jurusan Tarbiyah STAI Pati
  • Maulana Zunan Firmannur Jurusan Tarbiyah STAI Pati
  • Heny Kusmawati Jurusan Tarbiyah STAI Pati

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.456

Keywords:

Implementasi, Merdeka belajar, pelatihan, Aktif dan inovatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, dan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran berbasis kurikulum mandiri di MI Terpadu Al-Madani. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap-tahap implementasi kurikulum merdeka di MI Terpadu Al-Madani dilakukan dalam 4 langah: 1) Melakukan sosialisasi terkait kurikulum merdeka, serta guru harus memahami konsep-konsep dasar yang harus dikuasai dalam kurikulum merdeka. 2) Memotifasi guru-guru untuk mempelajari secara mandiri tentang kurikulum merdeka dan mengikutsertakannya dalam pelatihan-pelatihan atau sejenisnya. 3) Mempersiapkan administrasi pembelajaran berupa buku ajar, perlengkapan pendidikan, administrasi kelas dan administrasi gurunya. 4) Penilaian atau assesmen dalam kurikulum merdeka.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Abdul Mu’iz, M., Irvan Maulana, M., Zunan Firmannur, M. ., & Kusmawati, H. (2023). Implementasi Pengelolaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Mi Terpadu Al-Madani Margorejo Pati. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 1329–1333. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.456