Implementasi Pengelolaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Mi Terpadu Al-Madani Margorejo Pati
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.456Keywords:
Implementasi, Merdeka belajar, pelatihan, Aktif dan inovatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, dan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran berbasis kurikulum mandiri di MI Terpadu Al-Madani. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap-tahap implementasi kurikulum merdeka di MI Terpadu Al-Madani dilakukan dalam 4 langah: 1) Melakukan sosialisasi terkait kurikulum merdeka, serta guru harus memahami konsep-konsep dasar yang harus dikuasai dalam kurikulum merdeka. 2) Memotifasi guru-guru untuk mempelajari secara mandiri tentang kurikulum merdeka dan mengikutsertakannya dalam pelatihan-pelatihan atau sejenisnya. 3) Mempersiapkan administrasi pembelajaran berupa buku ajar, perlengkapan pendidikan, administrasi kelas dan administrasi gurunya. 4) Penilaian atau assesmen dalam kurikulum merdeka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Abdul Mu’iz, Muh Irvan Maulana, Maulana Zunan Firmannur, Heny Kusmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.