Analisis Sensitivitas Pemilihan Moda Bus Damri, Taksi Online Dan Mobil Pribadi Ke Kereta Api Bandara
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.451Keywords:
Pemilihan Moda Transportasi, Kereta Api Bandara, Stated Preference, Logit Binomial, SensitivitasAbstract
Rute Kota Yogyakarta menuju Bandara Internasional Yogyakarta memiliki jarak tempuh rata-rata lebih dari 40 kilometer. Akses menuju Bandara Yogyakarta yang belum didukung jalan tol dinilai kurang memadai, padatnya volume kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor berimbas pada kemacetan di jam puncak hal tersebut menyebabkan waktu tempuh transportasi darat yang menuju bandara sering tidak dapat dapat diprediksi. Pelaku perjalanan yang menuju Bandara Yogyakarta kini dapat memilih lebih dari satu alternatif transportasi. Mulai dari KA bandara, bus DAMRI, taksi online dan mobil pribadi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat probabilitas pemilihan moda transportasi alternatif menuju Bandara Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data primer, berupa kuesioner dengan Teknik stated preference kepada 407 responden secara tatap muka, dan data sekunder yang berupa data dari instansi terkait dan literatur sebelumnya. Analisis deskriptif dan tabulasi silang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik responden. Terdapat juga regresi linerar berganda dengan analisis model logit binomial selisih yang berfungsi untuk mendapatkan model dan mengetahui probabilitas pemilihan antar moda serta sensitivitas dari model jika dilakukan perubahan pada masing-masing atribut perjalanan yang telah dibuat. Hasil crosstab frekuensi perjalanan terbanyak dua kali setahun dengan pekerjaan Pegawai Swasta/BUMN sebanyak 54 (13,27%) responden, moda yang paling sering digunakan adalah mobil pribadi dengan persentase 50,37% dan dipilih oleh responden dengan pendapatan Rp. 5-8 juta sebanyak 71 responden dengan persentase 17,44%, selanjutnya tujuan perjalanan terbanyak yaitu urusan keluarga/pulang kampung dengan alasan memilih moda yang mereka gunakan yaitu kemudahan akses sebanyak 59 responden dengan persentase 14,50%. Hasil model probabilitas pemilihan moda dengan logit binomial selisih kemudian dianalisis sensitivitas sehingga dapat diketahui atribut tarif perjalanan, waktu tempuh, headway menunjukkan arah kemiringan garis negatif, hal ini berarti semakin besar nilai selisih atribut, maka probabilitas pemilihan moda transportasi kereta api bandara akan semakin kecil dan Demikian sebaliknya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Daniel Priro Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.