Analisis Program Insya’ Usbu’ie Terhadap Maharah Kitabah Santriwati Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Bluto Sumenep (Tahun 1443 H)

Authors

  • Dewi Purwati Samiatun Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA)
  • Abdul Kirom Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA)

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.442

Keywords:

program insya’, usbu’ie

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk lebih mengetahui pelaksanaan dan langkah-langkah Program Insya’ Usbu’ie dan juga untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan Program Insya’ Santriwati Pondok pesantren Nurulhuda. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan jenis study kasus. Untuk mendapatkan data-data penelitian, metode penelitian yang peneliti gunakan adalah pertama wawancara dengan beberapa pihak terkait. Yang kedua melakukan observasi kegiatan insya’ usbu’I dan siapa saja yang berperan di dalamnya. Yang ketiga, dokumentasi berupa Foto Santriwati. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa pelaksanan Program Insya’ Usbu’ie santriwati Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Bluto Sumenep Tahun 2021, secara umum dilakukan oleh musyrifah kelompok dengan baik dan lancar. Dalam hal ini berupa mengoreksi atau memperbaiki hasil karangan santri baik dari aspek isi, tulisan, mufradat, penyusunan kalimat dan kaidah kebahasaan khususnya. Dan juga terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksananProgram Insya’ Usbu’ieSantriwati Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Bluto Sumenep Tahun 2021 dapat dibagi sebagai berikut : a) adanya bimbingan dan arahan oleh musyrifah kelompok saat islahul akhto’ berlangsung, adanya disiplin yang ketat oleh STABIJAR dalam pelaksanaan insya’ usbu’i. b) Faktor penghambat Pelaksanaan program insya’ Usbu’ie santriwati pondok pesantren Nurulhuda seperti banyaknya program pondok, kekosongan ustadzah dalam mengoreksi Insya’ fasilitas kurang memadai.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Purwati Samiatun, D., & Kirom, A. . (2023). Analisis Program Insya’ Usbu’ie Terhadap Maharah Kitabah Santriwati Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Bluto Sumenep (Tahun 1443 H). Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 2128–2137. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.442