UPAYA MENGATASI BUTA HURUF AL-QURAN PADA ANAK-ANAK DI DESA LONDUT
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i2.43Keywords:
Upaya mengatasi, Buta Huruf Al-Quran, anak-anakAbstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengatasi buta huruf pada anak-anak di Desa Londut. Dilakukannya kegiatan ini lebih selama 3 Minggu (Juli dan Agustus) dengan lebih kurang 1 jam/hari, dilaksanakan selama 5 kali dalam seminggu. Lokasinya di mesjid, dilakukan pada malam hari ba’da sholat maghrib. Objek pada pengabdian ini adalah 27 orang dari berbagai usia mulai dari TK hingga SMP. Pada metode penelitian atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Upaya yang dilakukan yaitu mengajar anak-anak mengaji, memotivasi anak-anak, melakukan evaluasi, mengadakan kegiatan keagamaan termasuk perlombaan keagamaan (1 Muharram) untuk mengetahui kualitas dari anak tersebut. Dengan adanya program pemberantasan buta huruf Al-Quran ini terjadi penambahan jumlah anak yang mau ikut belajar mengaji, anak-anak mengalami peningkatan kualitas dalam membaca dan menulis Huruf Alquran, meningkatnya motivasi anak-anak dalam belajar serta menjadikan anak lebih disiplin.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Adnansyah Sitorus, Cici Febi Putri Tanjung, Dedek Alwina Sipahutar, Ritonga Ritonga, Rizki Putri Khoiriah Sipahutar, Eka Yusnaldi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.