Pengaruh Penerapan Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Tembong Kecamatan Garawangi

Authors

  • Lidiya Nopianti STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Agatha Kristi Pramudika Sari STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.421

Keywords:

Kemampuan, membaca, Metode Fernald

Abstract

Membaca merupakan suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari segala sesuatu yang ditulis, bahkan membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah Bahasa. Kesulitan yang dialami oleh anak yang mengalami kesulitan dalam membaca yaitu sering menebak-nebak kata, mengganti atau menghilangkan kata, bahkan mereka ragu-ragu dalam membaca kata. Kesulitan tersebut yang mengakibatkan anak tidak mampu memahami isi dari bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan metode Fernald terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas I sebelum dan sesudah penerapan metode Fernald dan pengaruh kemampuan membaca yang dicapai siswa melalui metode Fernald pada siswa kelas I di SD Negeri Tembong Kecamatan Garawangi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah diambil sebanyak 22 siswa dari kelas I SDN Tembong dan 24 siswa dari kelas I SDN 3 Lengkong. Mengajar dengan menggunakan metode Fernald memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa. Pada kelas eksperimen sebelum menggunakan metode Fernald mendapatkan rata-rata nilai sebesar 51,82, sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Fernald mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81,36. Kemudian kemampuan membaca siswa pada kelas kontrol pada saat pretest mendapatkan rata-rata nilai sebesar 50,62, sedangkan pada saat posttest mendapatkan rata-rata nilai sebesar 55,21. Maka dari itu, terdapat peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 29,54 dari hasil sebelum dan sesudah siswa menggunakan metode Fernald. Hipotesis yang telah di asumsikan dapat diterima, karena terdapat peningkatan kemampuan membaca pada siswa. Maka dari itu, metode Fernald dapat dikatakan efektif untuk digunakan sebagai metode pembelajaran

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Nopianti, L., & Kristi Pramudika Sari, A. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Tembong Kecamatan Garawangi . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 1949–1956. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.421