Hubungan Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Intelektual Dengan Perilaku Phubbing Pada Siswa Kelas 1 Dan 2 Di Sma Imelda Medan Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.417Keywords:
Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Perilaku PhubbingAbstract
Perilaku phubbing merupakan dampak negatif dari penggunaan smartphone yang dimana seseorang terlalu fokus terhadap dirinya sendiri atau bersikap acuh dan mengabaikan lingkungan sekitarnya daripada membangun sebuah percakapan. Salah satu cara untuk mengurangi perilaku phubbing dengan penerapana layanan keagamaan dengan memiliki kecerdasan spiritual yang baik dalam hal mampu bersikap fleksibel, tingkat kesadaran diri yang tinggi, mampu untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan, mampu untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit, kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan nilai-nilai, berpikir secara holistik, kecendrungan bertanya untuk mencari jawaban yang mendasar dan kecerdasan intelektual meliputi kemampuan verbal dan kemampuan matematika .Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual dengan perilaku phubbing pada remaja kelas 1 dan 2 di SMA Imelda Medan Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional, menggunakan sampel dengan teknik quota sampling yaitu siswa kelas 1 dan 2 SMA Imelda Medan sejumlah 58 siswa. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tidak ada Hubungan kecerdasan spiritual dengan perilaku phubbing pada siswa kelas 1 dan 2 di SMA Imelda Medan Tahun 2022 dengan hasil uji chi-square diperoleh nilai p-value = 0,073 (p>0,05) dan terdapat Hubungan kecerdasan intelektual dengan perilaku phubbing pada siswa kelas 1 dan 2 di SMA Imelda Medan Tahun 2022 dengan hasil uji chi-square diperoleh nilai p-value = 0,049 (p<0,05).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lindawati Simorangkir, Friska Ginting, Ance M. Siallagan, Rita Vinseani Halawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.