Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Authors

  • Ainul Shafira Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak
  • Muchtadi Muchtadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak
  • Nurmaningsih Nurmaningsih Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.414

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, soal HOTS, matematika, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas X MIPA SMA Islam Hisada Pontianak. Kualitatif deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dan teknik analisis data menggunakan model dari Miles & Huberman. Instrumen yang digunakan adalah soal HOTS sebanyak 3 soal.   Hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa dengan kemampuan kategori rendah sama sekali belum memenuhi keempat indikator kemampuan berpikir kritis. Siswa dengan kemampuan kategori sedang dapat melewati tiga indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik, sedangkan siswa dengan kemampuan kategori tinggi dapat melalui keseluruhan indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan benar.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Shafira, A., Muchtadi, M., & Nurmaningsih, N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1884–1888. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.414