Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spltv Berorientasi Pisa Dengan Konten Change And Relationship

Authors

  • Athiyah Maulidia Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak, Indonesia
  • Marhadi Saputro Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak, Indonesia
  • Utin Desy Susiaty Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.412

Keywords:

kemampuan literasi numerasi, self-regulated, learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal SPLTV berorientasi PISA dengan konten change and relationship yang ditinjau dari self-regulated learning. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh jalan Pendidikan Sungai Pinyuh, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah. Instrumen yang digunakan berupa angket self-regulated learning (kemandirian belajar), tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh yang terdiri dari 35 siswa. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu, mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan self-regulated learning tinggi mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi numerasi, yaitu mampu menganalisis infor masi yang ditampilkan dalam soal, mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah, dan mampu menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan, 2) Siswa dengan  self-regulated learning sedang hanya mampu memenuhi 2 indikator dari total 3 indikator kemampuan literasi numerasi, yaitu mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah, dan mampu menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan, 3) Siswa dengan  self-regulated learning rendah hanya mampu memenuhi 1 indikator dari total 3 indikator kemampuan literasi numerasi, yaitu mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Maulidia, A., Saputro, M. ., & Desy Susiaty, U. . (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spltv Berorientasi Pisa Dengan Konten Change And Relationship . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1877–1883. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.412