Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Dengan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Windi Nur Fazariyana Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.407

Keywords:

Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization, Media Animasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, hasil belajar, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan media animasi pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E UPT SMPN 29 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan dilaksanakan dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar pengetahuan mengalami peningkatan yang diperoleh dari skor N-gain sebesar 0,76 dengan kategori tinggi dan persentase efektifitas pembelajaran sebesar 76% yang termasuk dalam kriteria efektif. Hasil belajar pada aspek sikap meningkat dari pertemuan pertama, kedua, dan ketiga dengan predikat sangat baik. Hasil belajar pada aspek keterampilan dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga juga mendapat predikat sangat baik. Penelitian ini mendapat respon sangat positif dari siswa sebesar 95,07%.

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Nur Fazariyana, W., & Widodo, W. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Dengan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1846–1858. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.407