Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Dengan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.407Keywords:
Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization, Media Animasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, hasil belajar, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan media animasi pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E UPT SMPN 29 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan dilaksanakan dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar pengetahuan mengalami peningkatan yang diperoleh dari skor N-gain sebesar 0,76 dengan kategori tinggi dan persentase efektifitas pembelajaran sebesar 76% yang termasuk dalam kriteria efektif. Hasil belajar pada aspek sikap meningkat dari pertemuan pertama, kedua, dan ketiga dengan predikat sangat baik. Hasil belajar pada aspek keterampilan dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga juga mendapat predikat sangat baik. Penelitian ini mendapat respon sangat positif dari siswa sebesar 95,07%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Windi Nur Fazariyana, Wahono Widodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.