Dampak Perkembangan Teknologi Digital Di Sektor Pendidikan

Authors

  • Muhhamad Satria Ramadhan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Salsa Diah Apriliani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Nabilah Sahda Firjatullah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Rakha Yolanda Puji Pratama Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.399

Keywords:

teknologi digital, pendidikan, dampak teknologi.

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan yang signifikan di berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam sektor pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak-dampak yang timbul akibat perkembangan teknologi digital di sektor pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur terkait perkembangan teknologi digital di sektor pendidikan. Berbagai sumber literatur menjadi acuan dalam penelitian ini. Perkembangan teknologi digital memberikan dampak yang signifikan di sektor pendidikan. Salah satu dampak utamanya adalah perubahan paradigma pembelajaran. Dalam era digital, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru berangsur-angsur digantikan dengan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi, di mana siswa dapat mengakses berbagai sumber belajar secara online dan mengembangkan kemampuan mandiri mereka. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan yang muncul seiring perkembangan teknologi digital di sektor pendidikan. Maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada aksesibilitas pendidikan dan juga terdapat dampak positif serta dampak negatif yang menjadikan tantangan perkembangan teknologi digital di sektor pendidikan

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Satria Ramadhan, M., Diah Apriliani, S. ., Sahda Firjatullah, N. ., & Yolanda Puji Pratama, R. . (2023). Dampak Perkembangan Teknologi Digital Di Sektor Pendidikan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1772–1784. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.399