Ideologi Bentuk Tubuh Perempuan: Sebuah Analisis Wacana Kritis Iklan Televisi Wrp

Authors

  • Hilma Erfiani Baroroh Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.389

Keywords:

Analisis wacana kritis (critical discourse analysis), ideologi (ideology), iklan televisi (television advertisement), WRP, tubuh langsing (slim body)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ideologi tentang bentuk tubuh perempuan yang sehat yang diciptakan melalui iklan. Wacana iklan menjadi menarik untuk dikaji dengan menggunakan analisis wacana kritis karena iklan merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan suatu ideologi kepada masyarakat. Landasan teori yang digunakan adalah Analisis Wacana Kritis. Tiga tingkat analisis wacana kritis Norman Fairclough digunakan untuk menjelaskan konstruksi ideologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis teks (deskripsi), analisis proses (interpretasi), dan analisis sosial (penjelasan), iklan televisi WRP berupaya mengonstruksi ideologi, bahwa WRP dapat membuat tubuh langsing walaupun tetap makan.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Erfiani Baroroh, H. (2023). Ideologi Bentuk Tubuh Perempuan: Sebuah Analisis Wacana Kritis Iklan Televisi Wrp. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1647–1655. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.389