Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Conditioning Terhadap Permasalahan Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas X Jurusan

Authors

  • Fatma Sylvana Dewi Harahap Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Naina Naina Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Adinda Latifah Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.385

Keywords:

Pengabdian masyarakat, Konseling behavioral, Teknik conditioning

Abstract

Pengabdian masyarakat ini berjudul “Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Conditioning Terhadap Permasalahan Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas X Jurusan Atph Di Smk Negeri 1 Mendo Barat Kabupaten Bangka.” Pengabdian masyarakat ini bertujuanu ntuk mengidentifikasi pengaruh konseling behavioral dengan teknik conditioning terhadap permasalahan kesulitan belajar peserta didik kelas 10 jurusan ATPH di SMK Negeri 1 Mendo Barat Kabupaten Bangka. Metode Pengabdian masyarakat yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengabdian masyarakat dilakukan di SMK Negeri 1 Mendo Barat Kabupaten Bangka dengan subjek Pengabdian masyarakat sejumlah 3 peserta didik pada kelas 10 jurusan ATPH yang mengalami kesulitan belajar. Hasil Pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa pengaruh konseling behavioral dengan teknik conditioning memberikan dampak positif pada permasalahan kesulitan belajar peserta didik kelas 10 jurusan ATPH di SMK Negeri 1 Mendo Barat Kabupaten Bangka. Hal ini terlihat dari adanya perubahan perilaku peserta didik dalam belajar dengan lebih fokus dan konsisten.Teknik condisioning yang dilakukan melalui penguatan positif dan pembentukan pola perilaku baru berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Selain itu, interaksi antara konselor dengan peserta didik juga berpengaruh dalam proses konseling. Peserta didik merasa lebih percaya diri dan lebih terbuka dalam berbicara, sehingga masalah yang dihadapi dapat di identifikasi dengan lebih jelas dan solusi yang tepat dapat diberikan. Selain itu, dukungan dari orangtua juga menjadi faktor penting dalam membantu peserta didik mengatasi permasalahan kesulitan belajar. Dalam kesimpulannya, konseling behavioral dengan teknik conditioning dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar peserta didik kelas 10 jurusan ATPH di SMK Negeri 1 Mendo Barat Kabupaten Bangka. Proses konseling yang dilakukan perlu disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan diikuti dengan dukungan dari orang tua dan pihak sekolah untuk mencapai hasil yang optimal.

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Sylvana Dewi Harahap, F., Naina, N., & Latifah, A. . (2023). Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Conditioning Terhadap Permasalahan Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas X Jurusan . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1620–1632. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.385