Peran dan Tantangan Dinas Sosial dalam Implementasi Penyaluran Bantuan Sosial Masyarakat di Kecamatan Bulango Timur

Authors

  • Djein Natasya Rauf Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.379

Keywords:

peran; hambatan; bantuan sosial

Abstract

ujuan penelitian ini adalah mengkaji peran Dinas Sosial terhadap penyaluran bantuan sosial masyarakat demi menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Bonebolango, Kecamatan Bulango Timur serta berbagai faktor hambatan dalam implementasinya. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yakni jenis penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat berbagai hambatan, penyaluran bantuan sosial di Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bonebolango, telah dilaksanakan. Munculnya keluhan menunjukkan perlunya peran yang lebih aktif dalam pengawasan. Penyaluran bantuan sosial di Kabupaten Bonebolango menghadapi beberapa masalah, seperti kelengkapan informasi dan data pribadi penerima bantuan sosial yang kurang. Selain itu, kesulitan dan hambatan dalam penyaluran bantuan sosial juga disebabkan oleh data penerima bantuan yang belum diperbarui. Selain itu, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya bekerja dan berusaha sendiri juga mempengaruhi pola pikir bahwa bantuan sosial sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

References

Abidah, L. S. (2019) Peran Dinas Sosial dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Penanggulangan Kemiskinan di Desa Sidiangkat Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Skipsi. Medan: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Adi, I. R. (2005) Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial. Pertama. Jakarta: FISIP UI Perss.

Anggito, A. & Johan S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Sukabumi : CV Jejak

Chriswardani, S. (2005) ‘Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional Understanding Multidimension Of Poverty’, JMPK, 8(3)

Dharma. (2016). Kewenangan Bebas (Freies Ermessen) Dalam Kebijakan Kartu Indonesia Sehat Ditinjau Dari Sistem Administrasi Di Indonesia Kertha Negara, 4(6), 1–5. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/ Kerthanegara/article/view/24074

Dyah, A. S. D. (2016). Pendayagunaan Freies Ermessen Pejabat Pemerintahan Dalam Konsep Negara Kesejahteraan, 5(1)

Heryanti. (2019) ‘Peran Dinas Sosial Kabupaten Bone dalam Menanggulangi kemiskinan (Perspektif Undang-Undang nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial)’, Jurnal al-Dustur, 2(2)

Hikmah, W. (2016) Peran Dinas Sosial Dalam Penyaluran Bantuan Sosial Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan Di Provinsi Lampung. Skripsi. Lampung: : Fakultas Hukum Universitas Lampung Bandar Lampung.

Iqbal, A. M. M. (2020) ‘Peran Dinas Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Penanggulangan Kemiskinan di Desa Sidiangkat Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi’, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(1)

Jonaedi, E. & Johny, I. (n.d). Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Prenada media

Subarsono. (2011). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumolang. (2018). Implementasi Kebijakan Pemerintah dalam Program Pemberdayaan Penanggulangan Kemiskinan di Kota Bitung, Eksekutif: Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1)

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Rauf, D. N. (2023). Peran dan Tantangan Dinas Sosial dalam Implementasi Penyaluran Bantuan Sosial Masyarakat di Kecamatan Bulango Timur. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1586–1592. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.379