Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intention To Use E-Wallet Pada Konsumen Muda Di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.349Keywords:
e-wallet, pengaruh sosial, persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan yang dirasakan, kepercayaan konsumen, niat untuk menggunakanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari social influence, perceived usefulness, perceived ease of use, dan consumer trust terhadap intention to use e-wallet pada konsumen muda di DKI Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 211 responden yang menggunakan aplikasi Shopee dalam satu bulan terakhir dan merupakan masyarakat Jakarta berusia 17-30 tahun. Data penelitian ini diolah menggunakan metode EFA, CFA, dan SEM dengan menggunakan software SPSS versi 25 dan AMOS versi 25 untuk mengolah data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan: 1) social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness, 2) social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived ease of use, 3) social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer trust, 4) social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, 5) perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, 6) perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, 7) consumer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naila Fariha Kamalia, Usep Suhud, Terrylina Arvinta Monoarfa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.